Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Lembaga Falakiyah PBNU: Hilal Terlihat di Empat Kota di Indonesia

Lembaga Falakiyah PBNU: Hilal Terlihat di Empat Kota di Indonesia
Ilustrasi rukyatul hilal.
Ilustrasi rukyatul hilal.

Jakarta, NU Online

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengabarkan bahwa hilal Syawal 1443 H atau bertepatan dengan 1 Mei 2022 terlihat di lima titik dari 58 titik aktivitas rukyatul hilal yang tersebar di Indonesia. Hilal berdasarkan aktivitas rukyat tampak di Gresik, Lamongan, Mojokerto, dan Jombang.


Hilal terlihat di Bukit Condrodipo pada pukul 17.45, di Pantai Tanjung Kodok Lamongan pada pukul 17.28 wib, di POB LFNU Mojokerto Raya Gedung Lantai 5 PP. Al-Amin Surodinawan Prajuritkulon Mojokerto, di Masjid Jami' Denanyar Jombang, dan di Kupang NTT oleh tim BMKG melalui bantuan teleskop dan ada citranya.


“Hasil rukyah menjadi bagian dari bahan untuk sidang itsbat penentuan 1 Syawwal 1443 H yang diselenggarakan di Kementerian Agama. Hasil rukyah juga menjadi dasar ikhbar PBNU terkait awal Syawwal 1443 H,” kata Ketua LF PBNU KH Sirril Wafa di Gedung PBNU, Jalan Kramat Rayat Nomor 164, Jakarta Pusat, Ahad (1/5/2022) sore.


Kiai Sirril Wafa menambahkan, hasil rukyatul hilal ini menjadi dasar bagi Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dalam menyampaikan waktu peringatan Idul Fitri 1 Syawwal 1443 H yang bertepatan dengan hari Senin, 2 Mei 2022.


Aktivitas rukyah hilal penentuan Syawal 1443 H dalam Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) diselenggarakan dengan menggunakan tiga moda, yaitu mata tanpa alat bantu, mata dengan alat bantu optik (menggunakan teleskop atau teodolit), dan sensor elektronik (kamera) tidak (menggunakan mata tanpa alat).


“Tujuannya adalah mendapatkan sebesar-besarnya kemungkinan memperoleh data dengan menggunakan tipe rukyah hilal yang memungkinkan,” kata Kiai Sirril Wafa.


Sesuai dengan ikhbar PBNU tentang penetapan awal Ramadhan 1443 H di mana 1 Ramadhan bertepatan dengan Ahad, 3 April 2022, aktivitas rukyatul hilal tentang penetapan awal Syawwal 1443 H dilaksanakan pada 29 Ramadhan 1443 H yang bertepatan dengan hari Ahad, 1 Mei 2022.


Oleh karena itu, kata Kiai Sirril, aktivitas rukyatul hilal dalam jaringan LFNU diselenggarakan pada hari Ahad, 1 Mei 2022, sesuai dengan kaidah syar’i dan putusan pemerintah melalui Keputusan Menteri Agama RI tentang 1 Ramadhan 1443 H.


Pewarta: Alhafiz Kurniawan

Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×