Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Mengapa PBNU Menginisiasi Forum R20 di Bali?

Mengapa PBNU Menginisiasi Forum R20 di Bali?
Ketua Panitia Pelaksana R20, Ahmad Suaedy. (Foto: dok. istimewa)
Ketua Panitia Pelaksana R20, Ahmad Suaedy. (Foto: dok. istimewa)

Jakarta, NU Online

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Forum Religion of Twenty (R20) pada 2-3 November 2022 mendatang di Bali. Forum ini digelar dalam rangka mengajak pemimpin-pemimpin agama di dunia untuk bersama-sama introspeksi dan mencari solusi atas problem keagamaan yang selama ini terjadi.


"NU mengajak seluruh pemimpin agama dunia untuk bersama-sama instrospeksi sekaligus mencari jalan keluar," kata Ahmad Suaedy, Ketua Panitia Pelaksana R20, kepada NU Online pada Selasa (23/8/2022).


Dalam hal ini, NU berupaya bersama-sama dengan seluruh elemen agama-agama di dunia untuk menemukan jalan keluar atas problem yang selama ini terjadi. "NU menyediakan forum untuk merefleksi dan mendorong penyelesaian masalah global. Ingin bersama-sama," katanya.


Selama ini, jelas Suaedy, global tren agama itu adalah sekularisasi atau menempatkan agama di ruang privat. Namun, NU tidak pernah tergoda melakukan, mengikuti apa adanya terhadap agama di ruang privat. Sebaliknya, NU justru sudah sejak lama menempatkan agama juga di ruang publik.


"NU selalu menempatkan agama bukan hanya di ruang privat, tetapi juga di ruang publik," ucap Dekan Fakultas Islam Nusantara, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) itu.


Sebab, NU mengusung kemanusiaan dan perdamaian global universal. Ada juga agama yang masuk ke ruang publik dengan mendistorsi ruang publik sehingga terjadi ketegangan. NU berada di ruang publik dan memperjuangkan dialog dan perdamaian.


"Meski demikian, NU dengan Aswajanya masih ada masalah dalam paham keagamaan yang perlu diselesaikan," katanya.


Sebagaimana diketahui, forum R20 ini mengundang tokoh-tokoh agama dunia, seperti Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus, Pemimpin Persekutuan Anglican Uskup Justin Portal Welby, Uskup Agung Konstantinopel Bartolomeus I, Tokoh Spiritual India Sri Ravi Shangkar, dan Pemimpin Kamboja Raja Norodom Sihamoni.


Forum R20 ini digelar sebagai rangkaian acara dalam rangka Peringatan Harlah 1 Abad NU dengan mengusung tema Mendigdayakan Nahdlatul Ulama, Menjemput Abad Kedua, Menuju Kebangkitan Baru.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×