Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Mensos Khofifah Dampingi Presiden dan Wapres Tabur Bunga di TMP Kalibata

Mensos Khofifah Dampingi Presiden dan Wapres Tabur Bunga di TMP Kalibata
Jakarta, NU Online
Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa bersama menteri lain di kabinet kerja mendampingi Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata (TMPNU) Jakarta untuk mengenang Hari Pahlawan 10 November 2017.

Mereka menabur bunga di makam Pahlawan Revolusi, Alm. H. Adam Malik, Alm. H. Umar Wirahadikusumah, Alm. H. Soedharmono, Almh. Hj. Ainun Habibie, Alm. H. Taufiq Kiemas, Pahlawan Prajurit Tamtama dan Pahlawan Tak Dikenal.

Sebelum acara tabur bunga, upacara dimulai pada pukul 08.15 WIB diawali dengan hening cipta selama 60 detik. "Untuk mengenang arwah para pahlawan, mengheningkan cipta dimulai," ujarnya.

Di pengujung upacara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membacakan doa untuk arwah para pahlawan. 

Tabur Bunga di Teluk Jakarta 

Sementara itu pada hari dan jam yang sama di laut berlangsung Upacara Tabur Bunga di Laut dipimpin Inspektur Upacara Ketua DPD RI Dr. Oesman Sapta Odang. 

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letkol Inf. Triono yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Yonif Mekanis 203 Arya Kamoning. 

Kegiatan ini diikuti lebih kurang 1.000 orang terdiri dari para pejabat tinggi negara dan berbagai unsur masyarakat.

Dalam upacara yang berlangsung sambil berlayar membelah Teluk Jakarta ini Kementerian Sosial RI memberikan bantuan para veteran dan pelaku sejarah. Bantuan berupa empat kursi roda, 72 kacamata baca lansia, sembilan tongkat lansia dan 10 alat bantu dengar. 

Pemberian alat bantu untuk lansia ini secara simbolis disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Z Soeratin dan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Hartono Laras kepada ahli waris pelaku sejarah KRI Macan Tutul yakni Ibu Asmitar Machfoed (istri dari Kolonel Laut Alm. Machfoed dan Ibu Sri Rachmani (istri dari Mayor Laut Alm. Memet S). Keduanya mendapatkan masing-masing satu kursi roda.

Hartono Laras mengungkapkan Peringatan Hari Pahlawan merupakan agenda nasional yang diperingati setiap tahun, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Peringatan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Melalui Peringatan Hari Pahlawan 2017 diharapkan segenap elemen bangsa dapat bersatu padu menyatukan langkah membangun negeri dengan lebih mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi," katanya. (Red: Fathoni)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×