Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

NU Care-LAZISNU Realisasikan Program Warteg Gratis di Puluhan Titik

NU Care-LAZISNU Realisasikan Program Warteg Gratis di Puluhan Titik
Peluncuran Program Warteg Gratis NU Care-LAZISNU. (Foto: istimewa)
Peluncuran Program Warteg Gratis NU Care-LAZISNU. (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online
NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PBNU merealisasikan Program Warteg Gratis. Program yang berfokus di bidang ekonomi dan sosial ini dimaksudkan untuk membantu permodalan bagi penggerak UMKM.


"Khususnya pengusaha warteg-warteg kecil di berbagai daerah," kata Manajer Fundraising NU Care-LAZISNU PBNU Anik Rifqoh dalam rilis yang diterima NU Online, Rabu (30/11/2022).


Dengan adanya warteg gratis ini, masyarakat dhuafa dipersilakan secara gratis untuk mendapatkan makanan dari warteg-warteg yang telah ditunjuk oleh NU Care-LAZISNU.


Program Warteg Gratis adalah hasil kerja sama LAZISNU PBNU bersama Alfamart dan Baznas. Penghimpunan dana untuk program ini dilakukan bersama melalui donasi pelanggan Alfamart secara serempak di seluruh Indonesia pada periode September 2022. 


"Kali ini kami mendukung program ekonomi dan sosial secara beriringan dalam bentuk Warteg Gratis, sehingga diharapkan agar UMKM kecil dapat bangkit kembali, dan warga pra sejahtera pun dapat menikmati makanan gratis," ungkapnya.


Program ini menyasar 27 titik yang berada di berbagai daerah di Indonesia, yakni Kabupaten Banjar, Banjarmasin, Makassar, Manado, Palembang, Belitung Timur, Kotabumi, Batam, Bandar Lampung, Malang, Sidoarjo, Jember, Semarang, Klaten, Cilacap, Cianjur, Karawang, Bekasi, Serang.


"Juga dua titik di Jakarta Barat yakni daerah Cikokol dan Balaraja, kemudian dua titik di Kabupaten Bogor dan di Cileungsi, Parung, lalu Kota Bandung, Cimahi. Ada juga di Kecamatan Plumbon Indramayu," ungkapnya.


Anik berharap program tersebut dapat membangkitkan kembali usaha warteg yang sepi pembeli.


"Program ini diharapkan dapat membangkitkan kembali usaha 27 warteg yang sepi pembeli, dengan menyediakan total 5.400 paket makanan gratis siap santap untuk dhuafa, yang disalurkan setiap Jumat dalam kurun waktu satu bulan," pungkasnya.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×