Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

PBNU Terima Kunjungan Delegasi Al-Azhar Mesir

PBNU Terima Kunjungan Delegasi Al-Azhar Mesir
Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf saat menerima delegasi Al-Azhar Mesir. (Foto: NU Online/Suwitno)
Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf saat menerima delegasi Al-Azhar Mesir. (Foto: NU Online/Suwitno)

Jakarta, NU Online

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menerima kujungan delegasi Al-Azhar As-Syarif, di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/22).


Delegasi Al-Azhar tersebut terdiri atas Sekretaris Hay'ah Kibar Ulama (Dewan Ulama Senior) Al-Azhar Prof Dr Hassan Salah Sagir, Penasihat Grand Syekh Al-Azhar Bidang Akademik Prof Dr Abdel Dayem Nosser, Wakil Ketua Pengurus Pusat Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Mayjen (Purn) Osama Yassin, dan Direktur Kantor Cabang Luar Negeri OIAA Pusat Ahmed Fawzi.


“Pagi ini saya menerima kunjungan delegasi dari Al-Azhar. Kami membahas banyak hal, termasuk penguatan hubungan kerja sama antara NU dan Al-Azhar,” kata Gus Yahya.


Dalam kunjungan ini, Gus Yahya juga menitipkan salam kepada Grand Syeikh Al-Azhar Syeikh Ahmad Ath-Thayyeb, untuk kesediaannya menghadiri agenda besar NU, yaitu Muktamar Fikih Peradaban.


“Saya menitipkan pesan (undangan) kepada Grand Syeikh Ahmad Ath-Thayyeb untuk dapat menghadiri agenda Muktamar Fikih Peradaban, tahun depan,” ucap Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Jawa Tengah itu.


Tak hanya itu, Gus Yahya juga menyampaikan, PBNU akan secepatnya mengirim utusan untuk mengundang secara langsung Grand Syeikh Al Azhar. 


“Insyaallah kita akan segera mengirim utusan juga untuk datang ke sana (Mesir),” terangnya.


Dalam beberapa pemberitaan, delegasi Al-Azhar berkunjung ke Indonesia sejak 20–26 Juni 2022 untuk melakukan serangkaian pertemuan dengan beberapa lembaga pemerintah, organisasi-organisasi keagamaan dan kemasyarakatan, serta institusi-institusi pendidikan Islam.


Mulai dari pertemuan dengan Kementerian Agama RI, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, dan Pengurus Pusat Muhammadiyah.


Informasinya, dalam pertemuan-pertemuan tersebut akan dibahas langkah-langkah bersama untuk mempererat hubungan Al-Azhar, khususnya dengan lembaga dan organisasi tersebut, memperkuat jaringan dan kerja sama dalam rangka penguatan moderasi beragama di dunia Islam, juga menjajaki kemungkinan-kemungkinan kerja sama dalam bidang pendidikan, sosial, dan dakwah.


Pewarta: Syifa Arrahmah

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×