Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Tasbih Digital NU Online, Menghitung Dzikir Cara Mudah dan Kekinian

Tasbih Digital NU Online, Menghitung Dzikir Cara Mudah dan Kekinian
Tasbih Digital NU Online, Menghitung Dzikir Cara Mudah dan Kekinian
Tasbih Digital NU Online, Menghitung Dzikir Cara Mudah dan Kekinian

NU Online Super App memiliki fitur Tasbih yang merupakan perangkat digital untuk menghitung jumlah dzikir atau wirid. Fasilitas yang dirilis bersamaan dengan dirilisnya versi 2.0 ini adalah salah satu fitur terfavorit para pengguna. Ia bisa menjadi pengganti fungsi bulir-bulir tasbih atau tasbih digital dalam format genggam, gelang, cincin, atau sejenisnya.

 

Pengguna yang baru saja menginstal NU Online, sistem bawaan (default) akan menampilkan angka maksimal 33. Apakah bisa diatur ulang? Jawabannya tentu bisa. Pengguna bisa mengatur kembali jumlah maksimal dzikir yang ditargetkan, mulai dari level angka puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan.


 
Instal: NU Online Super App (Android & iOS)


Bagaimana cara mengoperasikan tasbih digital berbasis Android dan iOS ini? Cukup dengan mengetuk layar ponsel atau tablet yang dimiliki, dan angka secara otomatis bertambah. Secara manual pengguna juga bisa membatalkan ketukan yang terlanjur dilakukan dengan menekan ikon mengurangi (-).

 

Fitur ini dilengkapi dengan opsi mode getar dan suara sehingga pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atau kondisi masing-masing. 

 

Saat target jumlah dzikir atau wirid sudah tercapai, selanjutnya pengguna dapat mengatur ulang ke angka 0 (nol) dengan menekan ikon reset yang terletak di bawah paling kanan. Perlu dicatat, tanpa me-reset, angka tidak akan kembali ke 0 secara otomatis meski pengguna keluar dari fitur Tasbih Digital atau menutup aplikasi NU Online.

 

Sistem ini sengaja diterapkan untuk melayani mereka yang punya kebiasaan “mencicil” bilangan wirid atau yang terkendala memenuhi target wirid dalam sekali duduk. Saat seseorang punya wadhifah (rutinitas) membaca surat al-Fatihah 100 kali, misalnya, ia yang baru sanggup membaca 27 kali bisa melanjutkannya di lain waktu tanpa khawatir data terakhir hitungan wiridnya hilang. Angka 27 itu akan tersimpan otomatis, dan silakan melanjutkan sisanya pada kesempatan lain.

 

Fitur Tasbih disediakan semata untuk mempermudah atau memberikan alternatif bagi perangkat tasbih lain yang memiliki fungsi kurang lebih sama. Ia hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masa kini yang mayoritas gawainya memasang sistem operasi Android atau iOS. Tiap orang tentu punya keperluan dan seleranya sendiri. Kelebihan tasbih digital dalam aplikasi NU Online adalah mudah dibawa karena menyatu dalam ponsel dan fleksibel untuk dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna.

 

Berikut pengenalan singkat tentang fitur lengkap NU Online Super App:

 

📗 Al-Quran

Memfasilitasi para pecinta Al-Qur'an untuk bisa membaca dalam format per halaman atau per ayat, dilengkapi dengan terjemah, transliterasi Latin, dan tafsir.

 

🤲 Doa & Wirid

Menyediakan ratusan doa keseharian, kesehatan, perjalanan, kesehatan, dan lain-lain; juga shalawat, ratib, hizib, istighotsah, dan wirid-wirid lainnya dari sumber-sumber otoritatif.

 

🕒 Jadwal Shalat

Mengingatkan waktu shalat umat Islam di seluruh dunia, termasuk waktu imsak, dhuha, dan terbit. Terdapat ragam pilihan notifikasi: suara beduk, bunyi kentongan, atau alunan adzan Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf. Selain sudah melalui tashih Lembaga Falakiyah PBNU, fitur ini juga menyediakan sedikitnya 13 pilihan standar penghitungan dari mancanegara.

 

📆 Kalender Hijriah

Tak hanya penanggalan Masehi dan Hijriah, kalender ini juga dilengkapi penanda hari pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon), hari-hari besar Islam, libur nasional, dan momen penting NU.

 

🕋 Kiblat

Kompas penunjuk arah kiblat dilengkapi dengan informasi derajat sudut, juga pilihan mencari arah kiblat lewat kamera (qibla finder).

 

🕌 Tutorial Ibadah

Menyediakan tuntunan ibadah lengkap, mulai dari bersuci, shalat, puasa, hingga seputar ziarah dan kematian. Di samping berupa artikel, tutorial juga disediakan dalam bentuk video.

 

👳‍️ Khutbah

Berisi kumpulan materi khutbah Jumat yang selalu bertambah dengan konten terbaru. Tersedia pula materi khutbah Idul Fitri dan Idul Adha. Semua disusun lengkap agar tak menyalahi rukun-rukun khutbah.

 

📒 Yasin & Tahlil

Memuat bacaan Yasin dan Tahlil yang biasa dibaca umat Islam di Indonesia, mulai dari hadiah fatihah, susunan teks, hingga doa penutup.

 

🔢 Tasbih Digital

Merupakan mesin penghitung digital sebagai pengganti bulir-bulir tasbih untuk kegiatan wirid atau sejenisnya. Fasilitas ini dilengkapi dengan opsi mode getar dan suara, serta tombol pengaturan jumlah dan reset.
 

🕌 Ramadhan

Menyediakan berbagai konten seputar Ramadhan mulai dari niat puasa hingga bacaan bilal dan doa tarawih/witir. Fitur ini juga menyajikan kumpulan kultum Ramadhan, khutbah Jumat Ramadhan, serta konten lainnya seputar zakat fitrah dan Idul Fitri. Fitur ini spesial untuk bulan Ramadhan.
 

📚 NUpedia

Merupakan ensiklopedia digital NU yang memuat ratusan entri informasi seputar biografi tokoh, sejarah, kelembagaan, komunitas, tradisi, dan khazanah kepesantrenan.

 

📒 Maulid

Memuat sedikitnya enam kitab maulid beserta terjemahnya: Maulid ad-Diba'i, Maulid al-Barzanji, Maulid al-Azab, Simthud Durar, Qasidah Burdah, dan adl-Dliyaul Lami'.

 

⏯️ Kalkulator Zakat

Memudahkan pengguna dalam menghitung komponen-komponen kekayaan untuk guna menunaikan kewajiban zakat, mulai dari sektor pertanian, perhiasan emas-perak, peternakan, tambak, perusahaan, hingga profesi.

 

🎥 Video

Kanal yang terintegrasi dengan saluran YouTube NU Online yang menayangkan beragam konten: tutorial ibadah, wawancara eksklusif, shalawat, film pendek, kajian kitab kuning, dan lain-lain.

 

☪️ Ziarah

Memfasilitasi umat Islam dalam menemukan lokasi makam-makam yang penting diziarahi. Juga tersedia daftar destinasi berupa museum, masjid bersejarah, petilasan. Fitur ini juga dilengkapi info alamat, Google Map, dan biografi tokoh.

 

📜 Kalam

Menampilkan ragam konten grafis yang terbagi sedikitnya dalam tiga kategori: Infografik, Mutiara Kata, dan Doa & Dzikir

 

📰 Artikel

Fitur ini terkoneksi dengan situs web NU Online yang memuat lebih dari 100 ribu artikel. Temukan aneka macam informasi keislaman dari sumber-sumber mu'tabar untuk berbagai topik permasalahan!

 

NU Online Super App juga dilengkapi pengaturan Mode Gelap/Terang yang memberi kenyamanan mata bagi pengguna; Preferensi Membaca yang memberi pilihan untuk memperbesar dan memperkecil ukuran teks, atau menampilkan terjemah dan transliterasi Latin; pengaturan Lokasi dan Notifikasi Waktu Shalat; serta Daftar Bookmark yang memudahkan mereka yang ingin menyimpan konten dalam daftar khusus sehingga gampang diakses dan dibaca secara offline.

 

(Mahbib Khoiron)




Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×