Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Tentang Rezeki, Prof Quraish: Biar Sedikit yang Penting Berkah

Tentang Rezeki, Prof Quraish: Biar Sedikit yang Penting Berkah
Cendekiawan Muslim Indonesia Prof HM Quraish Shihab. (Foto: Istimewa)
Cendekiawan Muslim Indonesia Prof HM Quraish Shihab. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Cendekiawan Muslim Indonesia Prof HM Quraish Shihab menjelaskan bahwa baik tidaknya rezeki seseorang bukan dinilai dari sedikit atau banyaknya, akan tetapi dari keberkahannya. Bisa jadi orang diberi banyak rezeki, tapi kurang berkah. Pun sebaliknya, meski ia rezekinya sedikit, tapi memperoleh keberkahan.


“(Rezeki) yang sedikit tapi berkah, lebih bagus dari yang banyak tetapi tanpa berkah,” kata Prof Quraish dalam tayangan video ilustrasi animasi di kanal YouTube Najwa Shihab, pada Sabtu (26/2/2022).


Lebih lanjut, penulis Tafsir Al-Misbah itu memaparkan, cara merasa cukup dengan rezeki yang diberikan oleh Allah swt adalah dengan selalu merasa puas dengan apa yang ada. Salah satu cara untuk bisa merasa puas adalah dengan membandingkan kondisi nasib sendiri dengan orang lain yang berada di bawahnya.


“Kalau Anda tidak puas, pasti Anda akan merasa berkekurangan. Tapi kalau Anda merasa puas, Anda bandingkan diri Anda dengan yang di bawah. Anda pasti puas,” ucap alumnus Pesantren Darul Hadis Al-Faqihiyah Malang, Jawa Timur itu.


Dalam pandangan Prof Quraish, rezeki yang diberikan Allah kepada hamba-Nya tidak selalu berupa materi, tatapi juga bisa wujud ketenangan batin. Dengan mensyukuri apa yang ada, maka ketenangan batin itu akan diraih. Bisa jadi orang memiliki harta melimpah, tapi tidak mendapat ketenangan batin karena tidak pandai bersyukur.


“Rezeki bukan sekadar materi. Persoalan rezeki itu kan persoalan kepuasan hati. Boleh Jadi yang Allah berikan bukan materi, (tapi) yang diberikan kepada Anda ketenangan batin. Syukuri yang sedikit, supaya Allah memberi Anda yang banyak,” kata Prof Quraish menandaskan.


Sampai Pukul 18.10 WIB, Sabtu (26/2/2022), tayangan video itu sudah dikunjungi 3,6 ribu penonton dengan 451 suka, dan 40 komentar. Salah satu penonton bernama akun Campursari Chanel menilai nasihat Prof Quraish tersebut sangat bermanfaat dan ia berdoa agar selalu diberi kelancaran rezeki.


“Sangat bermanfaat. Semoga selalu mendapat kesehatan jasmani dan rohani, juga selalu diberikan rezeki. Amin,” kata Campursari Chanel di kolom komentar.


Senada, penonton bernama akun Ronaldo juga merasa tercerahkan dengan video tersebut. Ia merasa telah diingatkan tentang cara mensyukuri rezeki. “Terimakasih sudah mengingatkan semua,” ucap Ronaldo.


Kontributor: Muhamad Abror
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×