Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Wapres Minta Perguruan Tinggi Jalin Kolaborasi Riset

Wapres Minta Perguruan Tinggi Jalin Kolaborasi Riset
Wapres) KH Ma'ruf Amin meresmikan Gedung Baru Unwaha di Jl Garuda No 09 Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022). (Foto: Setwapres)
Wapres) KH Ma'ruf Amin meresmikan Gedung Baru Unwaha di Jl Garuda No 09 Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022). (Foto: Setwapres)

Jombang, NU Online
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat sehingga tantangan yang dihadapi perguruan tinggi dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul juga semakin berat. Perguruan tinggi dituntut tidak hanya memiliki standar internasional, tetapi juga harus berperan aktif dalam pengembangan teknologi, pengelolaan sumber daya alam, dan peningkatan kualitas SDM seutuhnya.


Untuk itu, perguruan tinggi termasuk Universitas KH A Wahab Hasbullah (Unwaha) harus benar-benar menjadi ekosistem belajar yang kreatif dan inovatif, baik untuk dosen maupun mahasiswanya.


“Salah satu kuncinya adalah Unwaha harus mampu menghadirkan ekosistem pendidikan yang membuat gagasan-gagasan kreatif dan inovatif, baik dari dosen maupun mahasiswa, dapat terus berkembang secara produktif,” tegas Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin saat meresmikan Gedung Baru Unwaha di Jl Garuda No 09 Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022).


Selain itu, Wapres menekankan, kolaborasi riset dan teknologi juga harus terus diperluas dengan menggandeng berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah, industri, lembaga riset, maupun elemen masyarakat lainnya.


“Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak diperlukan. Tetapi, jangan sampai tidak diimbangi dengan penguasaan iman dan taqwa (imtaq). Keduanya harus senantiasa berjalan selaras dan saling melengkapi,” pesannya.


Selanjutnya, Unwaha juga harus mampu mengambil peranan yang lebih besar dalam mengedukasi masyarakat terkait ilmu agama mengingat sebagai episentrum intelektual Muslim.


“Khususnya umat yang awam ilmu agama dan mudah terpengaruh pada ajakan-ajakan yang mengarah pada rusaknya ikatan kita sebagai bangsa dalam kerangka NKRI,” imbuh Kiai Ma'ruf.


Wapres mengungkapkan bahwa kemajemukan bangsa Indonesia dewasa ini makin diuji dengan munculnya kelompok yang menyebarkan paham-paham yang dapat merusak kehidupan berbangsa.


“Untuk itu, mari kita jadikan Pancasila layaknya bintang penerang, sehingga kita akan mampu melalui berbagai tantangan dan ujian di tengah cita-cita mewujudkan kemajuan dan kemandirian bangsa ini,” ajak Kiai Ma'ruf.


Ciri khas Aswaja
Sebelumnya, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum Nyai Hj Chisbiyyah Wahab melaporkan bahwa Unwaha merupakan perguruan tinggi di lingkungan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, yang memiliki ciri khas tersendiri dibanding perguruan tinggi lain.


“Ciri khas Unwaha adalah mengajarkan dan menanamkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) al-Nahdliyah kepada semua sivitas akademika terutama kepada para mahasiswa serta menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945,” paparnya.


Lebih dari itu, lanjut Chisbiyyah, Unwaha saat ini telah menjadi salah satu dari 30 perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang penelitian yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.


“Unwaha juga melakukan kerja sama pertukaran mahasiswa dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri di antaranya Korea University, Raja Manggala University Thailand, serta Yamaguchi dan Kyoto University Jepang,” sebutnya.


Terakhir, terkait pembangunan gedung baru UNWAHA yang diresmikan hari ini, Chisbiyyah menyampaikan bahwa prosesnya telah dimulai sejak 2020. Adapun pembangunannya menggunakan konsep ramah lingkungan dan ramah disabilitas.


“Kami Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum, mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah atas bantuan pembangunan gedung (ini) sebagai sarana perkuliahan bagi mahasiswa,” ucapnya.


Peresmian gedung baru ini juga dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Rektor Unwaha Anton Muhibuddin, segenap sivitas akademika Unwaha, serta jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Jombang.


Selain Ibu Wury Ma’ruf Amin, hadir mendampingi Wapres, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Kominfo Masduki Baidlowi, Stafsus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Stafsus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Kepala Baznas Noor Achmad, dan Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan.


Pewarta: Syakir NF
Editor Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×