Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Sukses Juarai Cipta Puisi se-Mataraman, Mutakim Kembali Juara Tingkat Jatim

Sukses Juarai Cipta Puisi se-Mataraman, Mutakim Kembali Juara Tingkat Jatim
Jombang, NU Online
Setelah sukses menjuarai lomba cipta dan baca puisi wilayah Mataraman yang diadakan PWNU Jawa Timur (Jatim) di aula PCNU Kabupaten Kediri, Selasa (18/10) lalu, Mutakim, santri Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Jombang kembali juara di tingkat Jatim. Kali ini ia dinobatkan sebagai pemenang Ketiga.

"Untuk lomba puisi pesertanya 20 orang. Juara 1 dari Pamekasan. Juara 2 dari Sidoarjo, dan juara 3 saya," katanya kepada NU Online, Ahad (23/10).

Kesuksesan yang diraih Mutakim tak disangka sebelumnya, melihat peserta yang lain dianggap sudah terbiasa mengikuti kompetisi tersebut. Ia hanya bermodal berani, percaya diri, dan berdoa serta didorong dengan kemampuan dalam dunia sastra yang ditekuninya sejak SMP.

"Saya tidak sangka bisa naik podium. Soalnya pesertanya bagus-bagus semua. Maklum pesertanya sudah saringan semua," ucap pria yang juga bergelut di organisasi kemahasiswaan PMII di lingkungan kampus STIT Al-Urwatul Wutsqo itu.

Ia berharap, keberhasilannya bisa menginspirasi para sastrawan, khususnya santri di kota santri itu untuk lebih produktif. "Juara ini buat semuanya. Khususnya masyarakat dan kader-kader NU di Jombang. Mari berkarya melalui sastra dan tulisan tulisan," ujar dia.

Atas keberhasilannya, ia mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang telah mendukung termasuk pihak PCNU Jombang yang telah menfasilitasinya. "Terima kasih juga buat abah guru saya (KH Qoyyim Ya'qub), tak lupa kepada Abah Yaqub Husein yang haulnya baru diperingati kemarin. Selamat hari santri," ucapnya.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) itu diselenggarakan PWNU Jatim yang dimotori Lesbumi NU di aula PWNU setempat, Sabtu (22/10). Sedangkan kategori dalam kompetisi tersebut terdiri dari atas 4 kategori. Di antaranya cipta baca puisi, pantun, essay kebudayaan, dan orasi kebangsaan.

Untuk peserta lomba adalah mereka yang telah lolos audisi dari 4 zona se-Jatim, termasuk wilayah Mataraman. Pembagian hadiah dilakasanakan pada acara puncak peringatan hari santri oleh PWNU di depan Masjid Al-Akbar Surabaya yang dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dan Ketua Umum MUI. (Syamsul Arifin/Alhafiz K)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Pesantren Lainnya

Terpopuler Pesantren

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×