Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ustadz YM Kagum Lihat Kebersihan Pesantren Tebuireng

Ustadz YM Kagum Lihat Kebersihan Pesantren Tebuireng

Jombang, NU Online
Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Rabu (17/12), Ustadz yusuf Mansur mengapresiasi kebersihan pondok yang didirikan oleh Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari pendiri Nahdlatul Ulama ini.
<>
Menurut dai kondang tersebut, dirinya kaget melihat kebersihan lingkungan pondok yang dihuni ribuan santri dari berbagai daerah di Indonesia itu. “Saya mengapresiasi pesantren ini, pesantren yang lekat sekali dengan ke-NU-an, pesantren salafiyah yang notabene sudah mengakar ribuan tahun silam,” kata Ustadz Yusuf Mansur.

“Dan kita sama-sama tahu konsentrasi pesantren di kebersihan, termasuk pesantren saya, agak kurang. Tapi saya kaget sekali, ketika masuk kawasan Tebuireng, bersihnya luar biasa walaupun jumlah santrinya banyak sekali,” tambah penceramah kelahiran Jakarta itu.

Selama di Pondok Pesantren Tebuireng, ia langsung disambut baik oleh ribuan santri dan keluarga besar pondok. Walaupun tujuan utamanya berziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), tapi ia juga bersedia menjadi imam shalat dzuhur berjamaah bersama para santri di masjid pondok.

Usai menjadi imam shalat, ustadz pengasuh Pesantren Darul Qur’an itu juga memberikan ceramah agama sekitar 20 menit di depan jamaah shalat waktu itu. Setelah itu, barulah ia menuju kompleks pemakaman pondok yang di situ terdapat makam Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim, KH Yusuf Hasyim, KH Abdurrahman Wahid dan beberapa pendiri pondok tersebut.

Selesai tabur bunga dan berdoa di pemakaman, bersama ribuan santri pengasuh pengajian Wisata Hati itu mengelilingi kompleks Pondok Pesantren Tebuireng. Dari sinilah ia mengetahui secara jelas bahwa pesantren Tebuireng kebersihannya di luar kebiasaan pondok lainnya. (Romza/Mahbib)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Pesantren Lainnya

Terpopuler Pesantren

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×