Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Penghangat Boks Penyebab Makanan Basi?

Penghangat Boks Penyebab Makanan Basi?
Madinah, NU Online
Dua perusahaan katering yang sempat menyajikan makanan basi kepada jamaah haji asal Indonesia disebabkan mesin pemanas, heater mereka yang kurang baik. Jadi, heater nasi sering dijadikan kambing hitam oleh perusahaan katering sebagai penyebab basinya makanan.

“Pihak katering mengakui kalau para petugas di lapangan tidak pernah diberikan penyuluhan terkait bagaimana mendistribusikan katering makanan yang benar dan sehat. Jadi, memang mereka belum diberi penyuluhan penugsan katering di lapangan,"kata Pj operasional Katering Haedari, Kusnadi di Madinah, Sabtu (4/12) beralasan.
<>
Selain tidak memberikan bekal yang cukup kepada petugas pendistribusian makanan di lapangan, para perusahaan katering pun sempat terendus menggunakan jasa outsourcing bagi pelayan jasa pendistribusian makanan tersebut. Meski dibantah, tapi aroma itu semakin kental ketika sesama petugas katering tidak saling mengenal.

"Kita pekerja resmi bukan outsourcing," kata kepala operasional pendistribusian katering di Haedari, Iman Haendari saat dikonfirmasi terpisah.

Dari rentetan peristiwa di atas, heater memang menjadi ujung persoalan yang muncul di permukaan. Tapi, kalau dilihat secara lebih mendetail, persoalan sumber daya manusia (SDM) di pihak katering juga harus jempolan.

Hal itu pun yang disorot Kepala Daker Madinah, Subakin Abdul Muthalib. Dalam sebuah kesempatan, Subakin meminta kepada perusahaan katering untuk memperhatikan betul persoalan kelengkapan fasilitas peralatan dan SDM. Seperti contohnya teknisi heater yang selalu dianggap biang keladi. "Seharusnya mereka menyediakan jasa teknisi di setiap pemondokan," tegas Subakin.

Menanggapi permintaan tersebut perusahaan katering Haedari pun akan menyiapkan petugas teknisi keliling yang siap mobile untuk memantau persoalan heater yang ngadat. Jika semua sudah berjalan sesuai prosedur, tentu kerugian bagi jamaah dengan menerima makanan basi tak akan terjadi. (amf/mch)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×