Daerah

GMBBN Uninus Perkuat Bela Negara bagi Dosen dan Mahasiswa

Sab, 11 Februari 2023 | 11:00 WIB

GMBBN Uninus Perkuat Bela Negara bagi Dosen dan Mahasiswa

Ketua GMBBN Uninus Helmawati saat bertemuKepala Subdit Pendidikan Direktorat Bela Negara Dirjen Pothan Kemhan RI Kolonel Marinir Rachmat Djunaidy di Jakarta pada Rabu (8/2/2023). (Foto: Uninus)

Bandung, NU Online

Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara (GMBBN) Universitas Islam Nusantara (Uninus) berupaya memperkuat program-program Direktur Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Dirjen Pothan Kemhan RI) dalam bela negara dan moderasi beragama di kalangan mahasiswa dan dosen.
 

Ketua GMBBN Uninus Helmawati menyampaikan bahwa upaya tersebut disampaikan saat pihaknya melakukan audiensi dengan Kepala Subdit Pendidikan Direktorat Bela Negara Dirjen Pothan Kemhan RI Kolonel Marinir Rachmat Djunaidy di Jakarta pada Rabu (8/2/2023).

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Pada pertemuan tersebut, menurut Helmawati, GMBBN mengajukan program, di antaranya adalah penguatan materi wawasan bela negara untuk kalangan dosen dan mahasiswa Uninus Bandung.


“Wawasan bela negara itu penting untuk dosen dan mahasiswa dalam rangka menyikapi maraknya paham radikalisme dan intoleran yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan negara kita, sebagaimana yang terjadi di negara-negara Timur Tengah,” ungkapnya di Rektorat Uninus, Jalan Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat (10/2/2022).

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Selain itu, kata dosen S2 Administrasi Pendidikan Uninus ini, GMBBN Uninus mengajukan program pengalaman lapangan bela negara untuk dosen dan mahasiswa. Jadi, melalui dua program ini, mahasiswa dan dosen diharapkan mendapatkan tidak hanya wawasan, tapi juga pengalaman terkait bela negara.


Pada pertemuan itu, Kepala Subdit Pendidikan Direktorat Bela Negara Dirjen Pothan Kemhan RI Kolonel Marinir Rachmat Djunaidy menyambut baik usulan program GMBBN Uninus dengan menyatakan siap untuk bersinergi.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Kolonel Marinir Rachmat Djunaidy mengusulkan agar tindak lanjut dari pertemuan tersebut bisa segera dilaksanakan, kedua belah pihak siap menandatangani perjanjian kerjasama dan ia berharap, maksimal dalam waktu 3 bulan ke depan, penjanjian sudah ditandatangani sebagai payung hukum dalam melaksanakan program-program.


Sebagaimana diketahui, Uninus Bandung menjadi salah satu dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia dalam Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara yang digagas Kementerian Agama Republik Indonesia melalui melalui Sub Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi. Hal itu diluncurkan di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat pada Selasa (22/11/2022).

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Editor: Syakir NF

ADVERTISEMENT BY ANYMIND