Nasional

Pameran Pendidikan Rakernas LP Ma'arif Tampilkan Kreasi Guru dan Siswa

Sab, 27 Agustus 2022 | 07:30 WIB

Pameran Pendidikan Rakernas LP Ma'arif Tampilkan Kreasi Guru dan Siswa

Prof Ramdhani bersama pengurus Ma'arif NUdi sela Rakernas yang dihelat di Kota Malang, Jatim. (Foto: Istimewa)

Malang, NU Online
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama menghadirkan Pameran (Expo) Pendidikan di halaman depan Universitas Islam Malang (Unisma), Jalan MT Haryono, Malang, Jawa Timur.


Pameran Pendidikan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Nizar Ali pada Jumat (26/8/2022). Pembukaan ini ditandai dengan pemotongan pita dan bacaan surat Al-Fatihah.


Expo ini diikuti oleh 40 stand yang diisi oleh LP Ma'arif dan sekolah dan madrasah di bawah naungan Ma'arif dari berbagai wilayah di Indonesia.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Literasi dan Numerasi
Di antara yang ditampilkan dalam Expo adalah alat peraga literasi dan numerasi. LP Ma'arif NU Kota Malang, misalnya, menampilkan literasi bahasa dan membaca untuk meningkatkan moderasi beragama dan menangkal radikalisme.


Sementara itu, LP Ma'arif NU Babat dan Mojokerto menunjukkan karya program literasi dan numerasi dengan menampilkan alat-alat peraga pendidikan numerasi untuk memudahkan dan membuat siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) belajar berhitung dengan riang gembira, seperti tengah bermain.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Beberapa pengunjung tampak mencoba alat-alat peraga karya guru-guru MI itu, tak terkecuali Ketua LP Ma'arif PBNU Prof Ali Ramdhani. Ia pun memutar dadu dua kali dan menaruh telur-telur mainan pada wadahnya sebagai pembelajaran perkalian.


Otomotif
Selain itu, ada pula yang menampilkan karya siswa berupa kendaraan otomotif. SMK NU Wates Kulonprogo, misalnya, yang menampilkan sebuah mobil dengan daya dari sinar matahari. Wakil Ketua Umum PBNU Prof Nizar Ali pun tampak serius menyimak penjelasan dari guru dan siswa mengenai pembuatan mobil tersebut.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Sementara itu, SMK NU Kaplongan Indramayu Jawa Barat menampilkan sebuah sepeda motor hasil modifikasi dari sepeda. SMK ini juga menunjukkan absensi siswa menggunakan kodebar hasil karya siswanya.


Busana
Tidak hanya bidang industri kendaraan, para siswa-siswi SMK di bawah naungan Ma'arif juga memiliki karya yang tak kalah saing di bidang tata busana. SMK Banat NU Kudus Jawa Tengah, misalnya, menampilkan berbagai macam busana hasil desain garapan siswi-siswinya.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Bahkan, delapan siswi tersebut tampil ke atas panggung dalam rangka Fashion Show di hadapan perwakilan LP Ma'arif dari seluruh Indonesia.


Selain dari Kudus, hal serupa juga ditampilkan oleh SMK NU Kayen Pati, Jawa Tengah. Beberapa produk tas (goodiebag), topi, hingga busana yang modis ditunjukkan di pameran tersebut.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Musthofa Asrori

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

ADVERTISEMENT BY ANYMIND