Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Alumni Madrasatul Qur’an Tebuireng Selenggarakan Pesantren Ramadhan

Alumni Madrasatul Qur’an Tebuireng Selenggarakan Pesantren Ramadhan
Bandung, NU Online
Ikatan alumni Madrasatul Qur’an Tebuireng, Jombang, Jawa Timur mengadakan pesantren Ramadan di Sekolah Menengah Kejuruan Nasional Bandung, Jawa barat, Senin (28/5).

Khoiril Anwar selaku ketua panitia mengatakan bahwa bulan Ramadlan sebagai waktu yang tepat untuk mengkaji Al-Qur ‘an. “Pasalnya pada bulan ini Al-Qur’an diturunkan,” katanya sebagaimana dilansir TribunJabar.

Kegiatan ini mengambil tema Bersahabat dengan Al-Qur’an. "Kami mengambil tema tersebut karena banyak anak yang merasa kurang gaul tatkala belajar atau menghafal Al-Qur’an," jelasnya.

Baginya, penting untuk mendekatan kembali anak-anak dengan Al-Qur’an. “Program ini pun dalam rangka membantu pemerintah mewujudkan masyarakat yang memiliki akhlakul karimah atau pendidikan berbasis karakter,” ungkapnya.

Sedangkan kepala sekolah Dedi Harmadi mengatakan bahwa program ini sejalan dengan Kementerian Agama.

"Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadan dengan kegiatan keagamaan, di samping itu pula untuk mengcounter perilaku negatif siswa,” katanya. 

Dirinya menceritakan bahwa awalnya kegiatan ini mendapat penolakan dari sejumlah orang tua siswa. “Tapi alhamdulillah acara dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Siti Resviani Hamidah salah satu peserta mengungkapkan bahwa dirinya mengikuti kegiatan tersebut bertujuan ingin mengubah perilaku sekaligus menambah ilmu dan bersilaturahim dengan sahabat yang sudah hafal Al-Qur’an.
"Seneng banget dapat mengikuti acara ini, dan dapat lebih mengenal sahabat saya,"ujarnya.

Sekedar diketahui bahwa ikatan alumni Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang Jawa Timur rutin mengadakan kegiatan setiap pekan dengan khataman Al-Qur'an. (Red: Ibnu Nawawi)




Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×