Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Ansor Aceh Ajak Pemuda Ikuti Diklatsar Banser Aceh Singkil

Ansor Aceh Ajak Pemuda Ikuti Diklatsar Banser Aceh Singkil
Diklatsar Banser Aceh Singkil siap digelar. (Foto: Dok. Ansor Singkil)
Diklatsar Banser Aceh Singkil siap digelar. (Foto: Dok. Ansor Singkil)

Aceh Singkil, NU Online
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, bakal menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna (Diklatsar Banser) selama tiga hari.


Ketua  panitia pelaksana, Syahid, mengatakan bahwa Diklatsar Banser tersebut akan digelar di Pesantren Mambaul Qur'an, Desa Mukti Jaya, Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, pada Jumat-Ahad, 12-14 Maret 2021.


"Insyaallah, dalam waktu dekat ini Ansor akan menggelar Diklatsar Banser. Tujuan DTD ini untuk merawat tradisi merekat silaturahim tetap setia menjaga NKRI. Ini merupakan wujud bakti pemuda milenial di masa pandemi," kata Syahid kepada NU Online, Rabu (10/3).


Syahid menyebutkan waktu pendaftaran selama sepekan, yakni 2-10 Maret 2021 dengan beberapa syarat yang telah ditetapkan panitia mulai umur minimal 20 tahun hingga beberapa syarat lainnya.


"Berkaitan dengan syarat pendaftaran bisa menghubungi panitia dengan nomor kontak 082299052717 (Subhan Nurdin), 081362637082 (Fadil), 082294413758 (Murali)," lanjutnya.


Salah seorang panitia pelaksana lainnya, Subhan Nurdin, berharap melalui Diklatsar Banser ini akan lahir kader Barisan Ansor Serbaguna yang militan dan produktif agar dapat berkontribusi dalam pembangunan.


“GP Ansor merupakan Badan Otonom NU harus tetap sebagai garda terdepan merawat kebinekaan yang setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945. Selain itu, juga harus tetap menjadi katalisator di tengah maraknya hoaks dan paham radikalisme,” tegasnya.


Dihubungi terpisah, Ketua PW GP Ansor Aceh Azwar A Gani yang akrab disapa Baginda mengajak kepada warga pemuda Nahdliyin khususnya kader agar mengikuti Diklatsar ini.


“Melalui proses kaderisasi tersebut yang akan dilalui tersebut diharapkan lahir calon-calon generasi penerus bangsa yang militan, berakhlak mulia, cinta kepada agama dan Tanah Air,” ujarnya.


Baginda menambahkan, Diklatsar Banser merupakan sistem kaderisasi di lingkungan GP Ansor, syarat menjadi anggota dan kader Banser harus mengikuti dan lulus Diklatsar. 


“Setiap kader yang lulus akan menjadi anggota Banser melalui Diklatsar, selanjutnya dilakukan pembinaan oleh Pimpinan Cabang GP Ansor dan Satkorcab Banser untuk diberdayakan sesuai potensi dan profesinya membantu masyarakat,” paparnya.


Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Musthofa Asrori
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×