Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ansor Jateng Advokasi Warga Miskin untuk Dapat Bansos 

Ansor Jateng Advokasi Warga Miskin untuk Dapat Bansos 
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
Semarang, NU Online
Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah membentuk Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Covid-19 di tiap wilayah kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan.
 
Ketua PW GP Ansor Jateng Sholahudin Aly mengatakan, satgas khusus ini untuk mengawal hak-hak warga miskin terdampak dalam mendapatkan bantuan sosial (bansos) yang dialokasikan pemerintah di tengah pandemi Covid -19.
 
"Satgas khusus Ansor hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memastikan dan mengadvokasi warga miskin terdampak di Jateng dalam memperoleh bansos yang dijanjikan pemerintah," kata Gus Sholah di Semarang, Selasa (12/5).

Dikatakan, selain itu Satgassus bertugas mencari upaya dan terobosan untuk mendukung penguatan aktivitas warga rentan ekonomi agar tetap bisa bertahan dan mempelopori gerakan ketahanan pangan di akar rumput.
 
"Amanat membentuk Satgassus ini merupakan salah satu hasil keputusan rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) PW dan PC GP Ansor se-Jateng yang diselenggarakan secara online Senin (11/5)," ucapnya.
 
Ditambahkan, keputusan Rakerwil ini langsung ditindaklanjuti PW GP Ansor Jateng dengan menginstruksikan kepada cabang Ansor se-Jateng agar membentuk satgas khusus di tiap kecamatan (Ancab) dan desa/kelurahan (ranting).
 
"Kepada pihak eksternal agar kehadiran Satgassus ini jangan disalahpahami dan dicurigai, karena selain ingin memastikan bansos termasuk BLT bisa tepat sasaran juga untuk mengantisipasi agar proses penyaluran bantuan ini berjalan lancar," tegasnya.
 
Dikatakan, kalaupun ada persoalan bisa cepat diselesaikan tanpa menimbulkan  kegaduhan. Berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi, dalam setiap kegiatan penyaluran BLT seringkali memunculkan kegaduhan karena kurang validnya data penerima bantuan.
 
"Warga yang mampu mendapat BLT, sementara warga yang tidak mampu malah tidak mendapat bagian. Kali ini tidak boleh terjadi lagi," ujarnya.
 
Warga miskin terdampak harus mendapat haknya, sebaliknya mereka yang tidak berhak jangan sampai memperoleh bansos. "Satgassus Ansor akan memantau dengan ketat. Jangan ada yang main-main tentang data di era pandemi Covid-19. Warga yang merasa tidak diperlakukan secara adil silahkan melapor ke satgassus Ansor terdekat," ujarnya
.
Satgassus Ansor akan bergerak cepat membantu menyelesaikan masalah jika mendapatkan temuan ganjil dan aneh terkait dengan penyaluran bansos di tengah pandemi Covid-19.
 
Anggota DPRD Jateng H Masruhan Samsurie mengapresiasi langkah Ansor Jateng yang berinisiatif membentuk satgassus di akar rumput untuk memastikan bansos disalurkan tepat sasaran.
 
"Ya, proses penyaluran Bansos perlu diawasi oleh masyarakat agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang, Ansor harus melakukan hal itu," pungkasnya.
 
Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×