Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Begini Tahapan bagi Pelajar untuk Jadi Pengusaha

Begini Tahapan bagi Pelajar untuk Jadi Pengusaha
Narasumber pada pelatihan wirausaha PC IPNU Kubu Raya, Kalbar.
Narasumber pada pelatihan wirausaha PC IPNU Kubu Raya, Kalbar.
Kubu Raya, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) mengadakan pelatihan wirausaha. 

Kegiatan ini khusus bagi kader dan anggota IPNU yang dipusatkan di Kafe Family Jalan Bundaran Trans Kalimantan, Sungai Ambawang. 

Acara ini juga didukung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kubu Raya agar terwujud pelajar yang tangguh dan mandiri. Adapun tema sebagai pijakan pelatihan tersebut adalah Bangkitkan Semangat Kewirausahaan Ekonomi Kreatif.

Pelatihan mendatangkan dua tokoh yakni Asep Kurniawan selaku Kepala Seksi Perizinan UMKM Kubu Raya, Rolf Robby, Ketua HIPMI Kubu Raya. 

Rolf Robbi sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPSI) Kubu Raya mengemukakan pelatihan sebagai langkah awal memulai sebagai pengusaha. Karenanya peserta jangan pernah takut dan minder. 

“Tekankan pada diri sifat berani mencoba sesuatu yang menjadi peluang untuk menjadi pengusaha. Apalagi basic kita adalah organisatoris yang tentunya memiliki nilai potensi daya saing yang kuat menerima berbagai tantangan,” katanya, Rabu (17/7).

Dalam penjelasannya, pengusaha hebat dari Indonesia seperti Bob Sadino memulai karirnya dari berjual sayuran di swalayan. “Adalagi seperti pemilik Trans Media, Khoirul Tanjung justru karirnya jatuh bangun dari mengawali usaha dari bawah,” jelasnya.

Asep Kurniawan, mengapresiasi terselenggaranya acara ini. “Karena forum seperti inilah yang lebih banyak mendapatkan ilmu dan sekaligus mempererat silaturahim,” jelasnya. 

Menurutnya, kunci keberhasilan yang dalam usaha adalah menerapkan konsep Amati,Tiru dan Modifikasi (ATM) ditambah research dan development

Meski dirinya sebagai pegawai negeri juga pemilik perusahaan @warung sepatu yang ada Sungai Jawi, Pontianak serta tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan omset setiap bulan mencapai miliaran rupiah. Dua usaha lainnya juga diceritakan merintis dari bawah.

“Memulai usaha janganlah hawe atau sepi, akan tetapi harus benar-benar ditekuni dengan perencanaan jangka panjang dan juga jangka sesaat, serta terus berinovasi,” paparnya.

Hadir pada kegiatan ini Gubrani sebagai Ketua KNPI Kubu Raya, Edi Suhairul dari Kalbar News, Misli Saputra Ketua IPNU Kubu Raya, dan OKP PMII dan IPPNU Kubu Raya. (Ulil Abshor/Ibnu Nawawi)




Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×