Home Lapsus Warta Fragmen Quran New Keislaman Ramadhan Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Khutbah Cerpen Ubudiyah Daerah Sirah Nabawiyah Seni Budaya Internasional Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Berkunjung ke Menara Kudus, Pilihan Liburan Tepat Akhir Pekan

Berkunjung ke Menara Kudus, Pilihan Liburan Tepat Akhir Pekan
Masjid Menara Kudus di Jawa Tengah satu lokasi yang tepat untuk berwisata religi. (Foto: istimewa)
Masjid Menara Kudus di Jawa Tengah satu lokasi yang tepat untuk berwisata religi. (Foto: istimewa)

Kudus, NU Online
Saat akhir pekan tiba banyak sebagian orang yang masih bingung hendak pergi ke mana. Jika Anda sedang berada di kota Kudus tidak ada salahnya untuk datang berwisata religi di Menara peninggalan Sunan Kudus itu.


Dalam tulisan Triyanto dkk berjudul Masjid Menara Kudus: Refleksi Nilai Pendidikan Multikultural pada Kebudayaan Masyarakat Pesisiran dalam Jurnal Imajinasi disebutkan bahwa menara tersebut berbentuk bangunan candi Hindu Jawa gaya Jawa Timuran. Ketinggiannya mencapai sekitar 18 meter. Sedangkan bagian dasar bangunan menara memiliki ukuran 10 x 10 meter.


Di sekeliling dinding bangunan menara, terdapat tempelan ornamen berupa hiasan piring-piring sebanyak 32 buah. Motif hias dalam piring-piring tersebut yang berwarna biru berjumlah dua puluh itu menggambarkan beberapa motif hias flora dan fauna. Sisanya yang 12 hiasan piring berwarna merah dan putih diisi dengan motif hias bentuk stilasi bunga. Di atas menara yang berdiri megah itu terdapat bedug besar yang sering kali dibunyikan saat menjelang waktu dzuhur.


Di sana juga terdapat Masjid Menara Kudus yang terdiri dari bangunan utama berupa ruang serambi dan ruang dalam untuk tempat ibadah shalat. Sementara bangunan pendukung berupa menara, pintu gerbang (gapura), serta tempat wudu. Terdapat lima pintu pada bangunan Masjid Menara Kudus ini baik pada sebelah kanan maupun pada sebelah kiri. Empat jendela terdapat bangunan masjid ini.

 

Selain itu, terdapat pula lima pintu besar dan soko guru (tiang utama penyangga bangunan utama ruang dalam masjid) yang dibuat dari kayu jati sebanyak 8 tiang. Pada bagian serambi masjid menara Kudus, dijumpai bangunan gapura paduraksa. Oleh warga setempat gapura paduraksa, yang berbentuk gapura bergaya arsitektur Hindu, disebut dengan istilah Lawang Kembar.


Saat mendatangi tempat tersebut, masyarakat turut dapat berziarah ke makam Sunan Kudus yang terletak di belakang masjid Menara Kudus. Di hari libur maupun di hari biasa makam tersebut selalu ramai didatangi oleh para peziarah asal Kudus sendiri maupun dari luar kota. 


Melengkapi wisata anda saat datang ke Menara Kudus tersedia juga berbagai oleh-oleh khas Kudus yang dijajakkan di sepanjang jalan menuju lokasi. Masyarakat dapat juga dapat mengabadikan momen dengan berswa foto di depan Menara Kudus, karena telah tersedia jasa foto ekspres di sana.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×