Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Bersinergi dengan ISNU dan MES, LAZISNU Jember Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Puger

Bersinergi dengan ISNU dan MES, LAZISNU Jember Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Puger
Suasana pembagian sembako oleh LAZISNU, MES Jember dan ISNU Jember halaman SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Kabupaten Jember. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Suasana pembagian sembako oleh LAZISNU, MES Jember dan ISNU Jember halaman SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Kabupaten Jember. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online
Covid-19 tidak hanya berwujud sebagai virus pencabut nyawa, tapi juga menjelma sebagai kekuatan dahsyat  yang mampu mengobrak-abrik tatanan kehidupan masyarakat, termasuk melumpuhkan roda ekonomi. Terbukti, hingga hari ini cukup banyak warga yang menderita serta terdampak virus tersebut.


Salah satunya adalah warga Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tempat inilah yang menjadi sasaran aksi sosial Pimpinan Cabang Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jember. Kegiatan bekerja sama dengan ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama), dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jember, Ahad (14/6).


Aksi sosial berupa pembagian sembako itu digelar di halaman SMK Perikanan dan Kelautan Puger, dengan menghadirkan beberapa warga sekitar untuk menerima sembako. Ini sebagai upaya untuk mengindari kerumunan massa. Sedangkan sisanya diberikan langsung kepada warga sekitar melalui petugas di SMK favorit tersebut.


Menurut Ketua PC LAZISNU Jember, Achmad Fathuor Rosyid, pihaknya sengaja memilih warga tersebut sebagai tempat aksi sosial lantaran mereka secara ekonomi cukup ‘parah’. Dikatakannya, warga setempat yang rata-rata bekerja sebagai nelayan dan buruh, cukup susah akibat terdampak virus yang mematikan tersebut.


“Kalau saya amati memang mereka cukup terpukul kehidupannya akibat Corona. Pasalnya, karena segala aktivitas masyarakat harus dikurangi setelah Corona merebak,” ucapnya di sela pembagian sembako.


Di tempat yang sama, Ketua PC ISNU Jember, Hobri Ali Wafa menekankan  pentingnya segenap elemen NU untuk bersatu membangun kekuatan guna memberdayakan warga. Sebab saat ini, Covid-19 telah menyayat jantung perekonomian masyarakat. Karena itu, kekompakan dan kebersamaan segenap elemen NU, terutama lembaga NU sangat diperlukan untuk memberikan kontribusi bagi pergerakan ekonomi masyarakat.  


“Minimal kita bisa memberikan sembako, karena ini juga yang paling dibutuhkan saat ini,” ungkapnya.


Hal tersebut diamini oleh Ketua MES Daerah Jember, H Babun Suharto. Menurutnya, masyarakat terdampak Covid-19 tidak bisa mengandalkan subsidi dari pemerintah karena anggarannya terbatas, sehigga tidak semua warga mendapatkan kucuran bantuan. Yang mendapatkan bantuan pun, nilainya mungkin hanya bisa mengepulkan asap dapur barang beberapa hari. Oleh karena itu,  bantuan dari swasta sangat diperlukan.


“Maka sinergitas antarpihak sangat diperlukan. Semakin banyak mitra, maka semakin banyak kita memberikan manfaat kepada masyarakat,” terangnya.


Aksi sosial tersebut dihadiri oleh Ketua Baznas Kabupaten Jember, H Misbahus Salam, Ketua Pagar Nusa Jember, H Fathorrozi, jajaran PC LAZSNU Kencong, Ketua PCNU Kencong, KH Zainil Ghulam dan sejumlah pengurus lain.


Pewarta: Aryudi AR
Editor: Ibnu Nawawi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×