Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Gelar Pengabdian, Mahasiswa Unwahas Semarang Donasikan APD ke Puskesmas Grobogan

Gelar Pengabdian, Mahasiswa Unwahas Semarang Donasikan APD ke Puskesmas Grobogan
Perwakilan Mahasiswa Unwahas Semarang serahkan Bantuan APD ke Puskesmas di Grobogan, Jateng (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Perwakilan Mahasiswa Unwahas Semarang serahkan Bantuan APD ke Puskesmas di Grobogan, Jateng (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Semarang, NU Online
Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Jawa Tengah menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada kepada sejumlah Puskesmas di wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah di tengah pandemi Covid-19.
 
Kepala Sub Bag Humas Unwahas Semarang Taufiq Ismail mengatakan, APD yang disalurkan itu berupa sejumlah  masker, puluhan liter sabun cair dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer)  yang diproduksi para mahasiswa    fakultas farmasi.
 
"Meski bukan produk pabrikan, namun produk APD yang diproduksi para mahasiswa itu tetap memenuhi standar kesehatan dan keselamatan," kata Taufiq kepada NU Online di Semarang, Rabu (6/5).

Dikatakan, agenda kegiatan penyaluran bantuan ke instansi layanan kesehatan masyarakat pekan lalu itu sekaligus menjadi bagian dari realisasi program kegiatan mahasiswa di bidang pengabdian masyarakat.

"Melalui kegiatan ini semoga dapat membantu keterbatasan sejumlah Puskesmas dalam pengadaan APD saat memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat," ungkapnya.
 
Wakil Rektor Unwahas Semarang Prof KH Mudzakir Ali mengatakan, agenda-agenda kegiatan mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU)  di Semarang ini  di saat pandemi Covid-19 difokuskan untuk membantu masyarakat dan pihak-pihak yang terkait dengan gerakan pencegahan meluasya wabah Corona.
 
"Bentuk aksinya disesuaikan dengan proporsi dan kompetensi yang dimiliki mahasiswa. Kebetulan mahasiswa farmasi memiliki kemampuan dan kompetensi untuk memproduksi APD yang dibutuhkan masyarakat  maupun para pekerja medis," kata Prof Mudzakir.
 
Menurutnya, melalui kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap berbagai gejolak dan dinamika yang terjadi di masyarakat, selain dalam rangka membantu masyarakat terdampak akibat penanganan virus Corona.
 
Sekretaris Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, H Ahmad Niam Syukri  mengatakan, langkah mahasiswa farmasi Unwahas Semarang memproduksi APD kemudian didonasikan kepada lembaga layanan kesehatan di kabupaten Grobogan itu merupakan langkah tepat.
 
"Melalui aksi sosial ini diharapkan dapat memicu mahasiswa atau pihak lainnya untuk membantu masyarakat dalam mencegah perluasan virus Corona," pungkasnya. 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×