Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Hadapi 'New Normal', NU Jombang Segera Kembali Jalankan Program Organisasi

Hadapi 'New Normal', NU Jombang  Segera Kembali Jalankan Program Organisasi
Ketua PCNU Jombang, Jatim KH Salmanudin Yazid (Foto: NU Online/Syamsul Arifin)
Ketua PCNU Jombang, Jatim KH Salmanudin Yazid (Foto: NU Online/Syamsul Arifin)

Jombang, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menyepakati untuk kembali melaksanakan program-programnya dan program semua lembaga yang dimiliki setelah beberapa bulan stagnan lantaran pandemi Covid-19. 

 

Kesepakatan ini menyusul atas kebijakan 'New Normal' atau tatanan kenormalan baru yang digagas pemerintah.

 

"Kita sepakat program-program PCNU dan lembaganya dimulai kembali pada bulan Juli mendatang. Pada Juni ini masih dalam fase persiapan," kata Ketua PCNU Jombang, KH Salmanudin Yazid saat rapat koordinasi PCNU dengan pengurus lembaga di Kantor PCNU, Senin malam (8/6).

 

Ia berpandangan bahwa program-program yang sudah dirumuskan oleh PCNU beserta lembaga-lembaganya pada saat musyawarah kerja cabang (Muskercab) adalah amanah organisasi yang harus dijalankan. Karenanya, pandemi Covid-19 ini harus disikapi dengan bijak.

 

Yang paling penting program harus tetap dijalankan, tetapi dengan memperhatikan panduan-panduan kesehatan sebagaimana imbauan pemerintah. Seperti menjaga jarak, memakai masker, rajin cuci tangan atau memakai hand sanitizer, dan lain sebagainya.

 

"Hal-hal yang teknis semacam itu akan kita susun dalam surat resmi PCNU kemudian kita informasikan kepada pengurus-pengurus lembaga," sambungnya.

 

Di samping itu, lanjutnya, pembatasan jumlah massa saat hendak menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang juga akan diatur. Semua itu dilakukan semata agar program-program organisasi kembali berjalan tanpa menafikan kebijakan-kebijakan pemerintah agar selalu memperhatikan protokol Covid-19.

 

Sekretaris PCNU Jombang Mukhlis Irawan mengungkapkan, situasi Covid-19 telah banyak menyita NU Jombang dan program-programnya. Kurang lebih tiga hingga empat bulan terakhir banyak program 'terpaksa' harus di-pending, padahal program-program tersebut secara keseluruhan sudah terjadwal sebagaimana hasil Muskercab.

 

Sementara pada Agustus mendatang PCNU harus kembali menggelar Muskercab yang keempat guna menyusun dan merumuskan program-program PCNU dan lembaganya untuk satu tahun ke depan. Muskercab sendiri digelar setiap tahun di masa periode kepengurusan PCNU.

 

"Sesuai jadwal kita, bulan Agustus nanti sudah harus melaksanakan Muskercab lagi. Kali ini terasa cepat memang karena sitausi Covid-19 mengharuskan kita untuk banyak berdiam di rumah," ungkapnya.

 

Rapat koordinasi dihadiri oleh Wakil Syuriyah PCNU Jombang Kiai M Sholeh, Katib Kiai Samsul Rijal, jajaran wakil ketua PCNU, dan pengurus-pengurus lembaga PCNU.

 

Pewarta: Syamsul Arifin

Editor: Abdul Muiz



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×