Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ketua NU Lampung Ajak Nahdliyin Perkuat Militansi

Ketua NU Lampung Ajak Nahdliyin Perkuat Militansi
KH Mohammad Mukri, Ketua PWNU Lampung
KH Mohammad Mukri, Ketua PWNU Lampung
Metro, NU Online
Ketua Tanfidziyah PWNU Lampung KH Mohammad Mukri berharap kepada seluruh pengurus dan warga NU untuk senantiasa meningkatkan militansi dan kecintaan terhadap Jamiyyah Nahdlatul Ulama.

Dalam mengaplikasikan amaliah-amaliah Ahlussunnah wal Jamaah, warga NU tidak diragukan lagi. Namun militansi merupakan salah satu aspek yang perlu untuk terus dipupuk guna menggerakkan organisasi agar dapat terus eksis menghadapi dinamika zaman.

"Setelah dilakukan penelitian, ternyata persoalan utamanya adalah militansi. Secara amaliyah memang NU, tetapi ruhnya itu tidak dapat untuk menggerakkan organisasi. Maka pendidikan kader sangat diperlukan," ungkap Rektor UIN Raden Intan Lampung yang akrab disapa Prof Mukri ini saat memberikan sambutan Training of Trainer (TOT) Kader Penggerak NU di Kota Metro, Senin (16/7) malam.

Ia pun mengisahkan saat dirinya menjadi Ketua Ansor Lampung pada tahun 2000-an berusaha untuk membenahi manajemen organisasi yang disinyalir menjadi permasalahan utama dari ruh organisasi. Namun ternyata setelah dibenahi, perubahan yang dirasakan tidak begitu signifikan. NU masih saja belum begitu terasa syiarnya di Lampung.

Oleh karenanya lanjut Prof Mukri, kegiatan TOT bagi instruktur PKPNU merupakan langkah strategis untuk lebih meningkatkan militansi, menguatkan organisasi sekaligus memajukan NU kedepan.

"Ini (Pelatihan Instruktur, red) pertama di Lampung. Tentu ini merupakan hal yang strategis untuk memajukan NU ke depan," imbuhnya.

Sementara itu Rais Syuriah PCNU Metro KH Zainal Abidin berharap peserta TOT dapat menjadi penggerak NU di daerah masing-masing khususnya di Provinsi Lampung.

"Kami ingin NU di Lampung berkembang. Begitupun daerah lain. Kami tidak ingin maju sendiri, tetapi maju bersama-sama," harapnya seraya mengungkapkan sejak adanya Pendidikan Kader di Kota Metro, terasa benar kemajuannya dan NU dapat menjadi organisasi yang lebih mandiri serta dinamis.

TOT ini dilaksanakan di Kampus IAIM NU Metro selama 3 hari mulai 16-18 Juli 2018. Kegiatan ini diikuti 48 peserta dari 4 pengurus wilayah yakni Lampung, Banten, Jakarta dan Jawa Tengah. (Red: Muhammad Faizin)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×