Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kick off Liga Santri oleh Pj Bupati, Tandai Dimulainya Hari Santri 2022 di Pringsewu

Kick off Liga Santri oleh Pj Bupati, Tandai Dimulainya Hari Santri 2022 di Pringsewu
Pj. Bupati Pringsewu menendang bola kick off Hari Santri 2022. (Foto: dok PCNU Pringsewu).
Pj. Bupati Pringsewu menendang bola kick off Hari Santri 2022. (Foto: dok PCNU Pringsewu).

Pringsewu, NU Online
Rangkaian kegiatan Hari Santri Tahun 2022 tingkat Kabupaten Pringsewu, Lampung resmi dimulai. Hal ini ditandai dengan Kick Off Liga Santri oleh Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah di komplek Pesantren Yasmida Ambarawa pada Selasa (4/10/2022). Liga Santri ini mempertandingkan tim futsal dari pesantren-pesantren yang ada di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis.

 

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Pringsewu mengatakan bahwa banyaknya rangkaian kegiatan Hari Santri merupakan wujud kebersamaan dan saling bahu membahu semua elemen. Semangat kebersamaan ini diharapkan mampu menjadi pemicu upaya mewujudkan cita-cita luhur para pejuang yang telah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

 

"Hari Santri merupakan wujud mengenang para kiai dan santri dalam sumbangsihnya berjuang membela tanah air," jelasnya.

 

Dengan spirit dan kebersamaan ini juga, Pj Bupati berharap akan mampu mewujudkan pembangunan Pringsewu yang damai, aman, dan sejahtera. Kepada pengasuh dan kiai di Pringsewu ia juga mengajak untuk bergandeng tangan mewujudkan pringsewu agamis.

 

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Liga Santri dalam rangka Hari Santri tahun 2022 resmi dibuka," ucapnya seraya disambut tepuk tangan dan ditandai penendangan bola.

 

Sementara Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu H Taufik Qurrohim mengatakan bahwa dalam kurun delapan tahun sejak Hari Santri disahkan, Keluarga Besar NU Pringsewu tidak pernah sepi kegiatan dalam memperingatinya. Walau sempat terhalang pandemi, kegiatan untuk memeriahkan hari santri tetap digelar dengan cara online pada tahun 2020 dan 2021.

 

“Dengan acara online ini, cakupan peserta malah lebih luas sampai dengan luar negeri di antaranya peserta Lomba Hadrah dari Malaysia dan Arab Saudi,” ungkapnya.

 

Untuk tahun ini lanjutnya, kegiatan mulai awal Oktober seperti tahun-tahun sebelumnya. Hampir lebih dari 30 item kegiatan sudah disiapkan untuk menyongsong, memeriahkan, dan memperingati Hari Santri di Pringsewu.

 

Rangkaian kegiatan Hari Santri 2022
Berikut agenda kegiatan Hari Santri Keluarga Besar NU tahun 2022. Muslimat: Jalan Sehat dan Lomba Tumpeng. GP Ansor: Festival Hadrah. Fatayat: Pemilihan Duta Santri dan Santunan Yatim Piatu. IPNU-IPPNU: Kompetisi Wirausahawan Pelajar dan Pelatihan Tapis. PMII: Pringsewu Bershalawat.

 

Sementara untuk lembaga meliputi: RMINU: Liga Santri, Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ), Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK), dan Gebyar HSN 2022. LTNNU: Santri Expo, Lomba Film Dokumenter, dan Lomba Karya Tulis. LTMNU: Gerakan Bersih-Bersih Masjid (GBBM) dan Masjid Penggerak dan Masjid Pelopor. Lesbumi: Pertunjukan Teater Santri, Maiyyahan, Kanjeng Doso, dan Pemeran Keris.

 

Untuk tingkat MWC meliputi kegiatan-kegiatan Mujahadah Ratibul Haddad, Bersih-bersih Masjid, Lomba Tahfidz SD/MI, Lomba Mewarnai TK/RA, Ruqyah Massal, Istighosah di Makam Pahlawan Keputran, Gebyar Hari Santri, Apel Hari Santri, Kirab Hari Santri, Ziarah Kubur Ulama dan Tokoh NU Sukoharjo, dan Shalawat Maulid Nabi Muhammad saw, Istighotsah, Lomba Barjanzi, termasuk kegiatan PD-PKPNU.

 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×