Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Lakpesdam NU Tanggamus Perkuat Literasi Digital untuk Santri dan Pelajar

Lakpesdam NU Tanggamus Perkuat Literasi Digital untuk Santri dan Pelajar
Kegiatan yang berlangsung secara hybrid di Aula yayasan Mathla'ul Anwar Tanggamus, Lampung diikuti 200 santri dan sebagian asatidz.
Kegiatan yang berlangsung secara hybrid di Aula yayasan Mathla'ul Anwar Tanggamus, Lampung diikuti 200 santri dan sebagian asatidz.

Tanggamus, NU Online

Kegiatan literasi digital merupakan program kerja sama antara Kominfo RI dan PBNU yang diselenggarakan di seluruh Indonesia. Lakpesdam PCNU Tanggamus dalam hal ini diamanahi untuk menjadi penyelenggara di Yayasan Mathla'ul Anwar untuk memperkuat pemahaman literasi digital untuk santri dan pelajar.


Kegiatan yang berlangsung secara hybrid di Aula yayasan Mathla'ul Anwar tersebut diikuti 200 santri dan sebagian asatidz. Dibuka secara langsung oleh KH Yahya Cholil Staquf Ketua Umum PBNU, dan dilanjutkan sambutan dari Samuel Abrijani Pangarepan Dirjen Aptika Kominfo dan KH Samsul Hadi ketua PCNU Tanggamus.


Kegiatan seminar literasi digital yang mengusung tema Kontribusi Santri Milenial dalam Pemanfaatan Digital disampaikan dengan sistem panelis.

 

Adapun Narasumber dari kegiatan ini terdiri dari narasumber berskala nasional dan lokal. Di antaranya Ufi Ulfiah, Lakpesdam PBNU, Akhmad Syarief Kurniawan Kontributor NU Online dan Abdur Rouf Hanifuddin ketua Lakpesdam PCNU Tanggamus.


Dalam materinya Ufi Ulfiah menyampaikan kepada santri-santri akan bahaya penyalahgunaan smartphone. Hal ini demi menjaga masa depan generasi bangsa mengantisipasi dari jejak digital yang negatif.


Syarief Kurniawan sebagai narasumber kedua menitik beratkan pada kreativitas santri dalam memanfaatkan sosial media yang digandrungi anak muda untuk membesarkan instansi maupun sebagai konten kreator.


Seminar ini semakin lengkap sajianya setelah Abdur Rouf Hanifuddin, narasumber ketiga mengajak para santri untuk menjadi smart netizen. Dengan lebih selektif dalam menerima informasi antisipasi berita hoaks, mengisi sosial media dengan konten positif dan bermanfaat dan menunjukkan etika bersosial media yang beradab dalam interaksi jagad maya.


Kegiatan Literasi digital Lakpesdam PCNU Tanggamus ini mendapat apresiasi dari ketua PCNU, KH Samsul Hadi.

 

"Terimakasih Lakpesdam lembaga yang konsisten dalam mengkader sumber daya manusia terutama para santri di Kabupaten Tanggamus, melalui beragam kegiatan positif semoga berkah dan maslahat," kesan Kiai Samsul.


Kegiatan literasi digital tersebut juga disiarkan secara live streaming pada platform digital PBNU seperti TVNU dan dikabarkan melalui media kebanggan nahdliyin yakni NU Online.


Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×