Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Madrasah Kampung Ini Ucapkan Harlah NU Ke-91

Madrasah Kampung Ini Ucapkan Harlah NU Ke-91
Lamongan, NU Online 
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif NU Darussalam Jatipandak, Sambeng,  Lamongan, Jawa Timur memperingati hari lahir NU ke-91 dengan menggelar upacara bendera dan ziarah ke makam pendiri madrasah itu. Kegiatan pada Selasa (31/1) diikuti puluhan siswa dan dewan guru.

Kepala MI Darussalam Kholison mengatakan, peringatan tersebut bertema “Cinta Islam yang Damai dan Toleransi”. Tema tersebut sengaja diusung karena akhir-akhir ini bangsa Indonesia diterpa keributan di antara masyarakatya mulai dari masalah sosial, masalah politik, penyebaran kebencian, bahkan hingga masalah agama. Keributan tersebut dapat mengancam kedamaian di Indonesia. 

“Padahal, sebagai negara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, keributan-keributan semacam itu seharusnya tak terjadi. Perbedaan prinsip, suku, ras, agama yang terjadi di antara kita mestinya dapat menyatukan kita semua,” katanya.

Kholisan berharap, momentum harlah NU ke-91, bangsa Indonesia kembali menjadi bangsa semakin damai, menyebar kesayangan antarsesama, toleransi dan menghargai perbedaan dan menjadi contoh dari negara-negara lain. “Karena kita menjujung tinggi asas Pancasila,” lanjutnya.

Ketua pelaksana, M. Munif Asy’ari menambahkan, selain pesan damai siswa-siswi diajak mengenang para tokoh-tokoh NU seperti Hadrotussyekh KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahab Chasbullah serta para tokoh NU lainnya dalam memeprjuangkan bangsa Indonesia. 

Para pendiri NU tersebut, kata dia, begitu cintanya terhadap negara Indonesia. “Cinta terhadap negara sendiri sebagaian dari iman,” tambahnya.

Peringatan harlah itu ditutup dengan doa bersama dan shalat dzuhur berjamaah di musholla madrasah. (Asyhari/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×