Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Malam Jumat, NU Pringsewu Gelar Tadarus Online Lawan Covid-19

Malam Jumat, NU Pringsewu Gelar Tadarus Online Lawan Covid-19
Poster Tadarus Online PCNU Pringsewu bertema Lawan Virus dengan Tadarus, Kamis malam (16/4). (Foto:Istimewa)
Poster Tadarus Online PCNU Pringsewu bertema Lawan Virus dengan Tadarus, Kamis malam (16/4). (Foto:Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung menggelar Tadarus Online sebagai ikhtiar langit untuk melawan Corona Virus Disease (Covid-19), Kamis (16/4) malam. Kegiatan ini terinspirasi oleh kegiatan doa bersama dan pertaubatan global yang dilakukan secara online oleh PBNU beberapa waktu lalu.
 
"Di masa seperti ini kita bersama menghindari mengumpulkan massa banyak. Sementara malam Jumat menjadi malam yang biasa digunakan warga NU untuk Yasinan dan Tadarusan. Jadi solusinya tadarusnya secara online," kata Wakil Rais Syuriyah PCNU Pringsewu KH Hambali yang mengimami kegiatan tersebut.
 
Selain untuk mempertahankan tradisi malam Jumat, acara bertajuk Lawan Virus dengan Tadarus tersisip doa dan harapan agar virus Corona yang sudah menjadi pandemi global segera sirna. Sebagai umat Islam, lanjut Ketua MUI Kabupaten Pringsewu ini, sudah seharusnya yakin bahwa Allahlah yang menghidupkan dan mematikan semua makhluk di dunia.
 
Acara yang dilakukan menggunakan salah satu aplikasi teleconference ini diikuti oleh warga NU di Pringsewu. Di awali dengan tawasul dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Setiap orang pada tadarus online ini membaca satu juz yang langsung diselesaikan pada waktu itu juga dan ditutup dengan doa.
 
Selain secara online, PCNU Pringsewu melalui Gugus Tugas NU Peduli Covid-19 juga menggelar tadarus di 131 desa dan kelurahan di Kabupaten Pringsewu. Peserta tadarus terdiri dari satu kelompok yang terdiri dari 30 orang. Pembaca juz 1 bertugas membuka dengan membaca tawasul dan fatihah dan pembaca juz 30 bertugas menutup dengan doa.
 
"Kegiatan akan dilaksanakan serempak pada Ahad (19/4) mulai dari bada shubuh sampai dengan maghrib," jelas Ketua Gugus Tugas, H Agil Marsudi.
 
Tadarus ini akan diikuti oleh segenap pengurus dan warga NU dengan jumlah kelompok yang tidak dibatasi. "Semakin banyak kelompok, maka akan semakin banyak khataman, dan tentunya akan semakin baik," tambah Marsudi.
 
Selain ikhtiar langit yang dilakukan oleh PCNU Pringsewu, melalui Gugus Tugas tersebut, NU Pringsewu juga terus melakukan ikhtiar bumi berupa upaya konkret dan sistematis untuk mengatasi dampak Covid-19. Gugus Tugas sudah membentuk tim dan relawan di kecamatan dan desa untuk melaksanakan program yang akan dilaksanakan.
 
"Kita terus melakukan upaya lahir dengan penyemprotan disinfektan, pembagian APD, pembagian sembako, edukasi pada masyarakat, dan usaha-usaha lainnya untuk memutus rantai penularan Covid-19," kata Ndan Marsudi, sapaan karibnya.
 
Saat ini pihaknya juga masih menggalang donasi dari masyarakat yang tidak butuh waktu lama sudah mampu mengumpulkan dana 80 juta rupiah lebih. Selain itu donasi lain juga diterima Gugus Tugas NU Peduli Covid-19 Pringsewu berupa beras 5 ton lebih dan berbagai APD lainnya.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×