Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pagar Nusa Solo Gelar Baksos Paket Lengkap Covid-19 di Akhir Ramadhan

Pagar Nusa Solo Gelar Baksos Paket Lengkap Covid-19 di Akhir Ramadhan
Pagar Nusa Solo gelar bakti sosial paket lengkap di akhir ramadhan 1441 hijriyah (Foto: NU Online/Muhammad)
Pagar Nusa Solo gelar bakti sosial paket lengkap di akhir ramadhan 1441 hijriyah (Foto: NU Online/Muhammad)
Solo, NU Online
Setelah diselenggarakan bakti sosial sesi 1 dan 2 yang ditujukan untuk para pengurus dan anggota Pagar Nusa Solo yang terdampak Covid-19, Jumat (22/05) Pagar Nusa Kota Solo kembali melakukan bakti sosial Covid-19 sesi ke-3 dengan sasaran untuk masyarakat umum.
 
Petugas Baksos yang berasal dari segenap anggota Pagar Nusa Solo bergerak mulai dari gerbang selatan Masjid Agung Solo yang bertempat di depan Pasar Klewer. 
Dari titik tersebut sebagian petugas mulai membagikan bantuan sembako kepada tukang becak dan petugas panggul Pasar Klewer, sebagian lain mendatangi rumah-rumah warga terdampak dengan memberikan bantuan sembako secara langsung. 
 
“Sebagian besar dari anggota berjalan sejauh kurang lebih 5 km dari Jl Dr Radjiman, Jl Gatot Subroto hingga Jl Slamet Riyadi," ujar Ketua Pagar Nusa Kota Solo Gus Burhan Hilal yang turut memimpin kegiatan dan mengkontrol protokol kesehatan para anggota kegiatan.
 
Dikatakan, barisan paling depan Baksos Pagar Nusa adalah tim penyemprot disinfektan, kemudian tim pembagi sembako, lalu Tim pembagi masker, dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) serta yang paling belakang adalah tim pembagi takjil buka puasa yang berupa kolak pisang, nasi bungkus, kurma, dan teh kemasan.
 
"Penyemprotan disinfektan di sepanjang jalan area Pasar Klewer ini dilakukan dengan menurunkan 9 anggota SAR Pagar Nusa. Masker dan hand sanitizer yang tersedia dibagikan kepada para tukang becak, juru parkir, ojol, supeltas dan masyarakat yang ditemui di sepanjang rute," jelasnya. 
 
Disampaikan, karena kegiatan ini bertepatan dengan momen Ramadhan, maka juga diisi dengan membagikan takjil. 
 
Sesuai protokol yang telah disepakati bersama, sebelum memulai Baksos seluruh anggota yang terlibat dalam kegiatan terlebih dahulu memasuki bilik sterilisasi untuk disemprot cairan disinfektan Klorin Dioksida + Ozon + Sinar UV diseluruh badannya. 
 
"Bilik steril ini merupakan karya dari anggota Pagar Nusa Solo yang difungsikan di beberapa posko dan masjid," ucapnya.
 
Gus Burhan mengaku bahwa dalam menjalankan kegiatan ini, mereka juga menekankan keselamatan para anggota yang turut andil dengan mewajibkan mereka memasuki bilik steril pada saat sebelum mengawali kegiatan maupun setelah selesai kegiatan, berwudhu dan cuci tangan, wajib memakai masker, menjaga jarak, dan membagi anggota dalam beberapa tim.
 
“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan motivasi pada masyarakat khususnya pada anggota Pagar Nusa agar mempunyai jiwa kepedulian dan jiwa kemanusiaan terhadap sesama apalagi dalam situasi wabah Corona saat ini," tegasnya. 
 
Adapun donasi dana kepedulian untuk kegiatan ini dikumpulkan dari para anggota Pagar Nusa Solo sendiri. Semoga kegiatan Baksos komplit dengan bagi-bagi takjil ini menjadikan berkah dan semoga Allah SWT segera mengangkat wabah pandemi Covid-19 ini dari muka bumi. 
 
Kontributor: Muhammad, Arindya
Editor: Abdul Muiz


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×