Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

PCNU Buka Donasi untuk Warga Terdampak Gempa di Cianjur

PCNU Buka Donasi untuk Warga Terdampak Gempa di Cianjur
Salah satu bangunan roboh akibat gempa Cianjur, Senin (21/11/2022). (Foto: dok. BPBD Cianjur)
Salah satu bangunan roboh akibat gempa Cianjur, Senin (21/11/2022). (Foto: dok. BPBD Cianjur)

Jakarta, NU Online 

Melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Cianjur Jawa Barat menggalang dana untuk disalurkan kepada para korban terdampak akibat gempa bumi magnitude (M) 5,6 yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022)  pukul 13: 21 WIB.


Sekretaris PCNU Cianjur, Aang M Subchan mengatakan banyak pengurus NU yang terkena dampak gempa baik dari rumah, pesantren dan masjid maka PCNU membuka donasi untuk warga terdampak melalui satu pintu.


“Kami sudah rapat dengan PBNU disepakati untuk urusan pesantren nanti yang bertanggung jawab adalah RMI NU, kesehatan akan ditangani LKNU, Masjid yang roboh akan ditangani LTM sementara urusan donasi diserahkan ke Lazisnu,” ungkapnya kepada NU Online, Senin (21/11/2022) malam.


Data dari LPBINU menyebut jumlah korban meninggal saat ini mencapai 162 orang, luka-luka 326 orang. Jumlah kerusakan bangunan ada 2.345 unit meliputi bangunan sekolah, fasilitas kesehatan, gedung perkantoran dan masjid. Hingga saat ini ada 13.784 orang yang mengungsi. 


"Pesantren dan masjid rata tanah, rumah-rumah banyak yang roboh. Paling pasrah ada di tiga kecamatan Warung Kondang, Cianjur kota dan Cukenang," ungkap Aang Subhan.


"Kondisi saat ini mencekam karena lalu lalang ambulans tidak berhenti, tiap 10 menit lewat tidak menutup kemungkinan besok  jumlah korban bertambah karena reruntuhan belum berani dibuka," jelasnya. 


Buka posko

Dia menuturkan, saat ini masyarakat membutuhkan donasi meliputi pakaian, selimut, obat-obatan sebab banyak korban patah tulang sementara kondisi rumah sakit di beberapa tempat, penuh. “Rumah sakit sudah seperti pasar saat ini, jadi kita buka posko kesehatan di kantor PCNU," bebernya. 


"Saat ini yang sangat dibutuhkan adalah makanan karena signal mati, air mati, listrik padam. Banyak jenazah posisi sampai hari ini masih di kantor PCNU dari siang karena belum ada orang yang mau gali kubur,” katanya.


Sebagai informasi, PCNU membuka donasi posko peduli korban Gempa yang terjadi di Cianjur melalui Lazisnu Cianjur dengan transfer ke Bank BJB Syariah 5030206017900 atau menghubungi Koordinator Posko Aang M Subchan ZE 085624222742.


Kontributor: Suci Amaliyah

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×