Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ketua Umum PBNU Sampaikan Belasungkawa atas Gempa di Pasaman Barat

Ketua Umum PBNU Sampaikan Belasungkawa atas Gempa di Pasaman Barat
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: NU Online/Suwitno).
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: NU Online/Suwitno).

Jakarta, NU Online

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menyampaikan duka yang mendalam atas bencana gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2). Ia menyampaikan dukacita atas meninggalkan beberapa orang di area bencana.


“PBNU mengucapkan belasungkawa atas gempa di Sumbar hari ini,” kata Gus Yahya di ruang kerjanya, Gedung PBNU Lantai 2, Jalan Kramat Raya Nomor 164, Jumat (25/2) siang.


PBNU telah membentuk tim satgas penanggulangan bencana untuk Pasaman Barat. Pada hari ini juga, PBNU menerjunkan tim satgas ke area terdampak bencana. PBNU menugaskan tim satgas untuk melakukan mitigasi bencana di Pasaman Barat.


Gus Yahya berharap warga terdampak bencana gempa untuk tetap bersabar dan memantau informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Ia juga berharap kepada publik untuk memobilisasi bantuan bagi warga terdampak gempa di Pasaman Barat.


Sebagaimana dikabarkan, gempa beruntun terjadi di Pasaman Barat, Sumatra Barat. Gempa ini merenggut sedikitnya lima orang warga asal Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat.


Gempa beruntun terjadi pada pukul 08.35 WIB. Titik lokasi gempa terletak pada 18 kilometer timur laut Pasaman Barat dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa beruntun yang terjadi dalam waktu selisih 4 menit berkekuatan magnitudo 5,2 dan magnitudo 6,1.


Pihak BMKG mengatakan, gempa di Sumatera Barat ini tidak berpotensi pada tsunami. Guncangan gempa ini juga terasa kuat di beberapa daerah, yaitu Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat, Agam, hingga Kota Padang.


Pewarta: Alhafiz Kurniawan
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×