Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peduli Dampak Corona, Anggota Banser Jakarta Bagikan Lontong Sayur

Peduli Dampak Corona, Anggota Banser Jakarta Bagikan Lontong Sayur
Anggota Banser DKI Jakarta, Wasroni (berkemeja biru) membagikan lontong sayur salah satunya kepada petugas kebersihan, Jumat (27/3). (Foto: istimewa)
Anggota Banser DKI Jakarta, Wasroni (berkemeja biru) membagikan lontong sayur salah satunya kepada petugas kebersihan, Jumat (27/3). (Foto: istimewa)
Jakarta, NU Online
Persebaran virus corona atau Covid-19 tidak hanya berdampak pada kemanusiaan, tetapi juga perekonomian, seperti para pengemudi ojek online.
 
Menyikapi persoalan tersebut, belakangan solidaritas antarwarga untuk meringankan beban ekonomi sebagian warga miskin yang terdampak Covid-19 bermunculan.
 
Anggota Banser DKI Jakarta  Muhammad Wasroni, misalnya. Ia membagikan puluhan bungkus lontong sayur secara cuma-cuma kepada pengemudi ojek online dan petugas kebersihan (pasukan orange) di Jalan Rasamala 3, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (27/3).
 
"Kita bagikan 60 bungkus lontong sayur," kata Wasroni.
 
Wasroni membagikan lontong sayur dengan mengitari jalan. Saat menemui petugas kebersihan dan pengemudi ojek online, saat itu ia langsung memanggil dan membagikannya.
 
"Kita sambil jalan. Terus kita ada ojol, kita panggil," jelas pria yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual lontong sayur ini.
 
Wasroni menyatakan bahwa bagi-bagi lontong sayur ini merupakan hasil dari penggalangan dana yang dilakukannya. Ia mengaku tergerak untuk mengurangi kesulitan perekonomian warga kurang mampu yang terdampak Covid-19.
 
"Ini partsipasi warga. Kondisi kayak gini banyak orang membutuhkan. Orang-orang miskin kan perlu makan," ucapnya.
 
Ia berharap, langkah yang dilakukannya ini dapat menginspirasi pihak lain, khususnya orang-orang yang memiliki kemampuan secara ekonomi. Baginya, di tengah kondisi Covid-19 ini, solidaritas sosial sangat dibutuhkan.
 
Selain membagikan lontong sayur, ia dan beberapa temannya membagikan kaleng penampung air yang digunakan untuk mencuci tangan. Pembagian dilakukan di masjid, dan sejumlah fasilitas umum.
 
Hingga berita ini diturunkan, data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 1,046 orang. Jumlah tersebut tersebar di 27 provinsi.
 
Pewarta: Husni Sahal
Editor: Kendi Setiawan


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×