Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peduli Masyarakat Kecil, LAZISNU di Pekalongan Bantu Modal Usaha

Peduli Masyarakat Kecil, LAZISNU di Pekalongan Bantu Modal Usaha
Penyerahan bantuan modal usaha bagi masyarakat kecil dari LAZISNU Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. (Foto: NU Online/Abdul Muiz)
Penyerahan bantuan modal usaha bagi masyarakat kecil dari LAZISNU Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. (Foto: NU Online/Abdul Muiz)

Pekalongan, NU Online
Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah Selasa (25/8) menyalurkan bantuan modal usaha kepada masyarakat kecil.


Sekretaris Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Wiradesa, Kasturah, menyatakan bahwa bantuan modal yang diserahkan ini bersumber dari infaq dan sedekah masyarakat NU di Kecamatan Wiradesa.


"Kami dari MWCNU bersama LAZISNU bertugas men-tasharruf-kan bantuan modal usaha kepada masyarakat yang membutuhkan yang semuanya bersumber dari infaq dan sedekah masyarakat NU di Kecamatan Wiradesa," ungkapnya.


Kasturah menambahkan, sebelum bantuan modal usaha tersebut disalurkan, LAZISNU bersama MWCNU Wiradesa mengkaji siapa saja yang benar-benar layak untuk diberikan bantuan modal usaha.


"Ada proses pendataan dan pengkajian sebelum bantuan modal usaha tersebut disalurkan agar penyaluran tepat sasaran," imbuhnya.


Ketua LAZISNU Wiradesa Supratikto menyatakan, LAZISNU Wiradesa bertugas mengumpulkan sekaligus menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah dari masyarakat NU. Khususnya di Kecamatan Wiradesa kepada masyarakat.


"Dari dana yang terhimpun, kami bersama MWCNU sepakat menyalurkan bantuan untuk modal usaha khususnya bagi warga yang usahanya terdampak pandemi Covid-19. Selain itu, modal usaha digunakan untuk mengembangkan usaha yang telah dijalaninya," ungkap Supratikto.


Dirinya menambahkan, program LAZISNU Wiradesa bukan hanya bantuan modal usaha saja, namun masih ada program lainnya, di antaranya santunan anak yatim dan janda tua, beasiswa pendidikan baik untuk belajar di sekolah maupun untuk belajar di pesantren.


"Ada banyak program LAZISNU Wiradesa. Bantuan modal usaha bukan satu-satunya program LAZISNU Wiradesa. Ada program lain yang hingga saat ini masih terus dijalankan, yakni santunan anak yatim dan janda tua, bantuan untuk bencana, beasiswa pendidikan baik untuk belajar di sekolah maupun untuk belajar di pesantren, dan program lainnya," imbuhnya.


Suharti, salah seorang penerima bantuan modal usaha dari LAZISNU Wiradesa, menyatakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada LAZISNU dan MWCNU Wiradesa yang telah memberikan bantuan modal usaha kepadanya.


"Saya berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada LAZISNU dan MWCNU Wiradesa yang telah memberikan bantuan modal usaha. Ini sangat membantu saya untuk mengembangkan usaha jualan urab, rujak dan pecel yang saat ini saya geluti dan semoga membawa keberkahan untuk semua," ungkap Suharti.


Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Musthofa Asrori
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×