Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pelatihan PRB LPBINU Tingkatkan Kapasitas Manajemen Bencana

Pelatihan PRB LPBINU Tingkatkan Kapasitas Manajemen Bencana
Jepara, NU Online
Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Jepara bekerja sama dengan PP LPBI NU menyelenggarakan Pelatihan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan Participatory Disaster Risk Assesment (PDRA) bertempat di gedung LPWP Undip Jepara, Kamis-Ahad (15-18/9). 

Kegiatan yang diikuti 40 peserta, 10 dari Kudus dan selebihnya dari Jepara secara resmi dibuka Kamis (15/09/16). Dalam kesempatan pembukaan hadir Ketua PCNU Jepara KH Hayatun Abdullah Hadziq, Kusdiyanto Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jepara dan Kabid I BPBD Jawa Tengah Heri Setiawan. 

Selama pelatihan peserta menerima materi di antaranya Pandangan dan ajaran Islam tentang bencana, Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten dalam penanggulangan Bencana, Konsep dasar manajemen risiko bencana, Kebijakan dan sistem PB, Daur bencana dan tahapan dalam penyelenggaraan PB.  

Juga materi tentang Perubahan Iklim, Kajian risiko partisipatif dan pengorganisian komunitas, Kajian Analisis Bencana (Ancaman, Kerentanan, Kapasitas, dan Risiko Bencana) dan Tindakan PRB, Pendekatan Kajian/Analisis Pengurangan Risiko Bencana dengan Metode PDRA (Participatory Disaster Risk Assessment), Praktek Lapangan dan penyusunan data Kajian Risiko Bencana, Penyusunan rencana aksi. 

Asyhadi, Ketua panitia program menyatakan sebelumnya kegiatan serupa juga dilaksanakan di Sekda Jepara belum lama ini. Bedanya, kegiatan itu lebih spesifik pada Pengurangan Risiko Bencana (PRB). 

Sehingga peserta yang diajak ialah institusi terkait dengan penanggulangan bencana. Di antaranya LPBI, Banom NU, tokoh masyarakat, LSM perempuan dan anak, LSM kebencanaan, Karang Taruna, pelaku usaha dan lembaga pendidikan. 

“Setelah menerima materi di hari ketiga Sabtu peserta akan praktik langsung di lapangan di desa Sowan Kidul di mana desa ini beberapa waktu yang lalu adalah salah satu lokasi terjadi banjir,” terangnya yang juga Sekretaris LPBI PCNU Jepara. 

Asyhadi menambahkan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam manajemen bencana.  Di samping itu untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang konsep dan pengertian dasar penanggulangan bencana (PB) dan pengurangan risiko bencana (PRB).

“Tujuan kegiatan yang lain untuk meningkatkan kemampuan masyarakat  dalam menyusun kajian risiko bencana dengan teknik PDRA (Participatory Disaster Risk Assessment). Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menyusun rencana aksi pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat,” lanjutnya. 

Adapun harapannya kata dia agar peserta memiliki pemahaman tentang konsep dan pengertian dasar penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana, mampu menjelaskan upaya Pengurangan Risiko Bencana secara komprehensif.

“Mampu menyusun kajian risiko bencana dengan teknik PDRA (Participatory Disaster Risk Assessment). Memiliki kemampuan dasar dalam menyusun rencana aksi pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat,” pungkasnya. (Syaiful Mustaqim/Fathoni) 





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×