Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pembaretan Tanda Sah Anggota Banser

Pembaretan Tanda Sah Anggota Banser
Kegiatan pembaretan anggota Banser Boyolali, Jateng
Kegiatan pembaretan anggota Banser Boyolali, Jateng
Boyolali, NU Online
Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Boyolali Jawa Tengah Ahmad Muzamil dalam pengarahannya kepada peserta mengatakan, pembaretan ini dilakukan bagi anggota Banser yang sudah mengikuti Diklatsar, dan sebagai tanda sah menjadi Anggota Banser. 

"Pembaretan ini sebagai rangkaian Diklatsar yang diselenggarakan di empat Pimpinan Anak Cabang (PAC) yaitu Karanggede, Ampel, Simo, dan Wonosegoro. Seorang calon Banser dinyatakan lulus jika telah mengikuti pembaretan ini," tegas Muzamil.

Wakil Sekjen Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Gus 'Aunullah A'la al-Habib (Gus 'Aun), dalam sambutannya memberikan motivasi kepada para peserta. 

Dijelaskan, Banser adalah organisasi (Jam'iyah), yang berarti tidak boleh sembarang orang dapat menggerakkan maupun memberikan komando, kecuali pengurus yang diberi wewenang, dilantik, disumpah oleh organisasi.

"Kita ini organisasi yang terorganisir. Selalu bergerak dalam satu barisan, tetap dalam satu komando. Bela agama, bangsa, dan negeri," tegasnya.

Diketahui, Satkorcab Banser Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Ahad (28/4), menggelar Pembaretan Banser yang Ke-3. Kegiatan yang bertajuk Militansi Tanpa Batas ini merupakan kelanjutan dari Diklatsar Banser sekaligus rangkaian dari peringatan Harlah Ke-85 GP Ansor.

Para peserta yang berjumlah sekitar 500 orang, menempuh prosesi pembaretan sejauh 10 Km dengan cara berjalan kaki dimulai dari Pesantren Al Huda Doglo Cepogo hingga tujuan akhir di Pondok Pesantren Afaada Desa Tanduk Ampel Boyolali. 

Usai mengikuti acara pembaretan, para peserta bergabung dengan ratusan anggota GP Ansor Boyolali lainnya pada puncak peringatan Hari Lahir (harlah) Ke-85 GP Ansor dan Harlah Ke-69 Fatayat NU.

Pada momen tersebut juga diserahkan beberapa trofi kepada pemenang lomba yang pada pekan sebelumnya telah diselenggarakan untuk memeriahkan harlah. Adapun lomba yang dipertandingkan di antaranya bola voli, hadrah, membuat kreasi hantaran, dan lain sebagainya. (Khafidz/Ajie/Muiz)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×