Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peringati Farmasist Day, SMK Raudhatul Mujawwidin Tebo, Jambi Gelar Pengobatan Gratis 

Peringati Farmasist Day, SMK Raudhatul Mujawwidin Tebo, Jambi Gelar Pengobatan Gratis 
Para siswa SMK Raudhatul Mujawwidin Tebo melakukan simulasi salam Lima O Penggunaan obat
Para siswa SMK Raudhatul Mujawwidin Tebo melakukan simulasi salam Lima O Penggunaan obat
Tebo, NU Online
Pada Senin (30/9) kemarin, puluhan warga memadati halaman SMK Raudhatul Mujawwidin Tebo, Provinsi Jambi. Mereka mengantre untuk mendapatkan layanan pengobatan gratis yang digelar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Farmasi tersebut.
 
Menurut  ketua panitia Tantri Listiana, pengobatan gratis ini dalam rangka  peringatan Farmacist Day. Kegiatan yang diawali roadshow penyuluhan tentang obat ke sekolah-sekolah (SLTP) di Kabupaten Tebo mendapat sambutan yang cukup meriah. 
 
Dikatakan, dalam kesempatan roadshow, tak jarang terjadi dialog seputar penggunaan obat dalam berbagai jenis penyakit.
 
“Para pelajar harus paham tentang penggunaan obat. Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang (Dagusibu). Gunakanlah obat secara bijak, bila obat sudah berubah warna dan bau, maka buanglah " tegasnya.
 
Selain roadshow penyuluhan Dagusibu, kegiatan lainnya bagi-pagi pin ke masyarakat, pengobatan gratis dan juga santunan yatim, piatu, serta dhuafa.  
Acara ini mendapat dukungan penuh dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Tebo, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), serta dari Dinas Kesehatan setempat.
 
"Kami mengapresiasi kegiatan seperti ini. Kegiatan ini sangat bagus dan hendaknya dilaksanakan setiap tahun. Banyak memberi manfaat pada masyarakat dan para siswa, juga akan bertambah keterampilannya," ujar Siti perwakilan dari IAI. 
 
Para apoteker yang tergabung dalam IAI tampak bersemangat mendampingi para siswa SMK jurusan farmasi dalam melaksanakan layanan pemberian obat pada masyarakat, sering pula tampak mereka melaksanakan konseling menjawab pertanyaan pasien.
 
Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB ini berjalan lancar dan tertib. Para siswa pun menampilkan kreativitasnya di antaranya seni Robana, tari Saman, dan Simulasi Salam lima O penggunaan Obat. Mereka semua tampak senang dan bersemangat. 
 
Kepala SMK Raudhatul Mujawwidin, Karyati Inayah kepada NU Online, Selasa (1/10) berharap kegiatan ini menjadi berkah untuk semua pihak.  
 
"Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi anak didik serta menjalin silaturahim yang lebih erat dengan berbagai pihak yang terlibat, sehingga kegiatan anak-anak SMK Raudhatul Mujawwidin menjadi barakah untuk semua," harapnya.
 
Kontributor: Inay, Adib
Editor: Abdul Muiz


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×