Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

PWNU Sumut Gelar Diklat Manajemen Masjid di Batubara

PWNU Sumut Gelar Diklat Manajemen Masjid di Batubara
Batubara, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumut Gelar Diklat Manajemen Masjid di Batubara-Puluhan pengurus Masjid di Kabupaten Batubara antusias mengikuti pendidikan dan pelatihan manajemen Masjid oleh Lembaga Ta’mir (LTM) PWNU Sumatera Utara, di Aula RM Banyu Wangi, Kecamatan Lima Puluh, Selasa (19/3).

Kegiatan bertema Revitalisasi Peran dan Fungsi Masjid sebagai Pusat Pelayanan dan Pemakmuran Jamaah, pelatihan tersebut tidak hanya dihadiri oleh pengurus masjid di Kabupaten Batubara, peserta juga berasal dari Padang Sidempuan, Labuhan Batu Utara, dan Tanjung Balai.

Bupati Batubara Zahir mengatakan pengelolaan atau pengurusan masjid harus ditangani bersama, tidak hanya oleh pengurus masjid yang sudah dibentuk, melainkan juga keterlibatan aparat desa. Sebab, masjid merupakan salah satu aset desa, sehingga dapat menjadi sentral kehidupan umat.

Untuk melestarikan dan mengembangkan masjid diperlukan pemikiran dan gagasan inovatif sekaligus kemauan semua pihak, terutama para pengurus masjid. Mengelola Masjid di zaman sekarang ini memerlukan ilmu dan keterampilan manajemen.

Kegiatan diklat manajemen masjid, merupakan upaya memberikan pembinaan dibidang dakwah dan pengkajian, pemberdayaan organisasi dan pengembangan SDM, kesehatan, lingkungan hidup dan kepemudaan, pengembangan ekonomi umat dan iptek, hukum dan wakaf serta zakat, infak, dan sedekah.

Kegiatan diklat manajemen masjid, selain sebagai wahana silaturahim, juga untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas SDM bagi para pengurus masjid. "Melalui kegiatan ini, saya harapkan menjadi kunci terciptanya kualitas masjid yang lebih baik dan memiliki arti luas seperti masalah keindahan, kebersihan termasuk masalah kemakmuran jamaah masjid," katanya.

Ketua Panitia Diklat Manajemen Masjid, Abdul Khalik menuturkan kegiatan pendidikan dan pelatihan manajemen masjid ini didasari oleh pemikiran bersama yang berkeinginan untuk memakmurkan masjid.

“Ini hasil pemikiran kita bersama yang berkeinginan untuk memakmurkan masjid," ujarnya. (Red: Kendi Setiawan)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×