Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ratusan Santri Miftahul Ulum Raman Utara Ikut Makesta

Ratusan Santri Miftahul Ulum Raman Utara Ikut Makesta
225 santri pondok pesantren Miftahul Ulum Rukti Sediyo Raman Utara Lampung Timur ikuti Makesta. (Foto: NU Online/Faizin)
225 santri pondok pesantren Miftahul Ulum Rukti Sediyo Raman Utara Lampung Timur ikuti Makesta. (Foto: NU Online/Faizin)
Lampung Timur, NU Online
Untuk lebih mengenalkan jamiyyah NU sekaligus meningkatkan militansi para santri, Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Rukti Sediyo Raman Utara Lampung Timur.
 
Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai 4-5 Januari 2020 ini diikuti oleh 225 santri pondok pesantren tersebut. Di samping itu, ada juga peserta dari pesantren dari kecamatan lain seperti dari Kecamatan Seputih Raman dan Seputih Banyak.
 
Salah satu panitia pelaksana dan juga pengurus pesantren Hamdan In'amin mengatakan, sangat penting memperkenalkan NU kepada generasi muda. Karena bagaimanapun mereka adalah generasi penerus yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang.
 
"Ketika sejak dini mereka diperkenalkan dengan NU, maka seiring dengan waktu mereka akan terlindungi dari paham-paham keagamaan yang radikal dan ekstrem," katanya kepada NU Online, Sabtu (4/1).
 
Dalam kegiatan ini para peserta mendapatkan berbagai macam materi diantaranya tentang ke-NU-an, Aswaja, kepemimpinan, keorganisasian dan keadministrasian dalam organisasi yang merupakan salah satu badan otonom NU ini. 
 
"Di sesi akhir mereka akan mengikuti prosesi baiat untuk lebih meneguhkan komitmen mereka dalam berkhidmah di NU dan juga memegang teguh fikrah Ahlussunnah wal Jamaah," terangnya.
 
Untuk lebih meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat, peserta juga akan mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.
 
"Kita juga mengingatkan kepada peserta bahwa Lampung akan menjadi tuan rumah Muktamar NU ke-34. Jadi semua warga NU harus mendukung dan menyukseskannya. Oleh karena itu kita juga edarkan kotak koin Muktamar," katanya.
 
Kegiatan ini dibuka oleh Kiai Ibnu Hafidz yang merupakan Pengasuh Pesantren Miftahul Ulum sekaligus Mursyid Thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah.
 
Hadir dalam acara pembukaan tersebut, para pengurus MWCNU, badan otonom Kecamatan Raman Utara dan juga Pengurus PC IPNU-IPPNU Kabupaten Lampung Timur.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×