Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ringankan Beban Warga, LAZISNU di Nganjuk Bagikan Paket Sembako

Ringankan Beban Warga, LAZISNU di Nganjuk Bagikan Paket Sembako
Paket sembako dan tong untuk cuci tangan diberikan kepada warga di Banjarejo, Rejoso, Nganjuk. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Paket sembako dan tong untuk cuci tangan diberikan kepada warga di Banjarejo, Rejoso, Nganjuk. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Nganjuk, NU Online 
Hal yang sangat dibutuhkan warga saat ini adalah ketersediaan sembilan bahan pokok atau sembako. Hal tersebut lantaran mereka tidak dapat lagi bekerja seperti biasanya dikarenakan dibatasinya kegiatan keluar rumah. 
 
Demi meringankan beban warga, NU-Care Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk membagikan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19. 
 
Sofiatin Munib selaku pengurus NU Care-LAZISNU Kecamatan Rejoso mengatakan bahwa aksi ini disebut dengan program insidental atau Protal.
 
"Gerakan Protal ini didukung oleh semua lembaga dan elemen masyarakat termasuk Kepala Desa Banjarejo," kata Sofi, sapaan akrabnya saat memberikan keterangan kepada NU Online, Sabtu (4/4).
 
Wujud nyata dari gerakan Protal adalah membagikan paket sembako kepada masyarakat desa yang terpapar Covid-19. Hal tersebut sebagai jawaban agar warga tidak was-was saat berada di rumah, serta tentu saja berkenan taat atas anjuran untuk tidak melakukan perjalanan untuk alasan mencari nafkah.
 
Pendistribusian diberikan langsung kepada masyarakat di Desa Banjarejo dengan dibantu NU Care-LAZISNU Desa Banjarejo dan didampingi langsung kepala desa setempat. Karena itu sebagai ikhtiar bantuan tepat sasaran.
 
Sofi mengatakan Protal termasuk program dari LAZISNU. Diharapkan denganh terobosan ini kedepan semakin baik, di mana hal ini sangat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan meringankan beban warga. 
 
“Sehingga masyarakat ikut serta dalam memantau maupun menaggulangi perkembangan Covid-19 dengan membiasakan pola hidup sehat,” katanya.
 
Ketua Ranting LAZISNU setempat, Sri Setyo Utami selaku tuan rumah meminta bantuan ini khusus bagi keluarga prasejahtera yang tidak dapat beraktifitas seperti biasa.
 
“Mudah-bisa mereka dapat terbantu. Baik dengan memanfaatkan tempat cuci tangn dan sembako, sehingga bisa bersama mencegah Covid 19," tegasnya. 
 
Di tempat berbeda, Fathurrahman berharap keikutsertaan sejumlah kalangan agar problem virus Corona bisa tertangani dengan maksimal. Salah satunya dengan mengoptimalkan keberadaan LAZISNU yang memberikan bantuan sembako kepada warga.
 
"Mari kita dukung gerakan menghentikan penyebaran virus Covid-19, dan LAZISNU bersama kita bisa," ungkap Ketua Ranting Nahdlatul Ulama Banjarejo tersebut. 
 
Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×