Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Sejumlah Madrasah Ma’arif di Magelang Terima Bantuan Komputer Jinjing

Sejumlah Madrasah Ma’arif di Magelang Terima Bantuan Komputer Jinjing
Sejumlah perwakilan madrasah di Magelang menerima bantuan komputer jinjing. (Foto: NU Online/Edi Rohani)
Sejumlah perwakilan madrasah di Magelang menerima bantuan komputer jinjing. (Foto: NU Online/Edi Rohani)
Magelang, NU Online
Sebanyak 45 komputer jinjing atau laptop dari PT Hutama Karya (Persero) disalurkan kepada madrasah dan sekolah yang berada di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU di Kabupaten Magelang, Temanggung, Wonosobo dan Purworejo. 
 
Rinciannya, untuk Kabupaten Magelang 15 laptop, Kabupaten Temanggung, Wonosobo dan Purworejo, masing-masing menerima 10 laptop.
 
Bantuan tersebut merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN konstruksi terbesar di Indonesia ini sebagai wujud kepeduliannya kepada dunia pendidikan.
 
Penyerahan bantuan dilakukan oleh Direktur Ircos Indonesia, Nur Syam sebagai pihak yang ditunjuk oleh PT. HK Tbk untuk mengelola CSR tersebut.
 
Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa teknologi informasi di era industri 4.0 ini merupakan salah satu hal yang perlu untuk terus dikembangkan. Untuk dapat lebih mendalami hal itu, maka perangkat komputer merupakan salah satu sarana yang dibutuhkan. Hal itulah yang kemudian mendorong PT. HK Tbk untuk memberikan bantuan berupa komputer.
 
“Bantuan ini hanyalah stimulan untuk peningkatan kualitas sekolah dan madrasah Ma’arif yang diberikan oleh PT. HK Tbk melalui Ircos Indonesia. Semula jumlah laptop ada 50 buah, namun yang 5 buah disalurkan di Demak,” katanya, sabtu (31/8).
 
Lebih lanjut, dosen UIN Walisongo Semarang ini mengatakan bahwa Ircos Indonesia merasa terpanggil untuk memfasilitasi bantuan sarana dan prasarana yang dapat membantu proses belajar-mengajar di satuan pendidikan Ma’arif. 
 
Menurutnya, PT HK Tbk memang punya program corporate social responsibility (CSR) didalam hal pendidikan, karena ia yakin pendidikanlah yang bisa merubah nasib seseorang.
 
“Jadi bantuan ini adalah salah satu tanggung jawab perusahaan untuk meningkatkan SDM masyarakat Indonesia,” katanya dalam serah terima bantuan 45 unit laptop yang dilakukan di Hotel Taman Eden Yogyakarta.
 
Penyerahan bantuan dilakukan bersamaan dengan acara Rapat Koordinasi Cabang LP Ma’arif NU Cabang Magelang. Hadir dalam kesempatan itu, Saidah Sakwan, Wakil Ketua Pengurus Pusat LP Ma’arif NU.
 
Dalam sambutanya, mantan komisioner KPPU RI ini menyatakan bahwa PP LP Ma’arif NU menyambut baik upaya dari PT HK Tbk dan Ircos Indonesia yang memiliki komitmen terhadap pendidikan. 
 
“Atas nama pengurus pusat, saya mengucapkan terima kasih kepada PT Hutama Karya dan juga Ircos Indonesia yang telah memfasilitasi dan memberikan bantuan ini. Saya berharap, bantuan ini akan dapat memberikan inspirasi, motivasi dan semangat bagi semua satuan pendidikan Ma’arif NU, terutama di era revolusi industri ini,” tandasnya.
 
Ia pun menekankan, keberadaan suatu perusahaan tidak hanya berorientasi pada keuntungan saja akan tetapi juga harus berkelanjutan. Itulah sebabnya kegiatan CSR merupakan bagian dari langkah nyata PT HK Tbk untuk berperan aktif memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.
 
Subur Sarinah dari MI Ma’arif NU Pukiran Wonosobo, salah satu penerima bantuan laptop itu sangat berterima kasih karena sangat bermanfaat dan memudahkan para pendidik. Terutama untuk membuat laporan dan mendukung kegiatan mengajar.
 
"Ini benar-benar meringankan kerja kami. Terima kasih atas perhatian yang diberikan PT. Hutama Karya kepada sekolah-sekolah Ma’arif. Semoga dapat terus ditingkatkan," tutupnya. 
 
 
Pewarta: Edi Rohani
Editor: Ibnu Nawawi


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×