Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Seleksi Pencak Silat Jabar Tingkatkan Pembinaan untuk Prestasi dan Khidmat NU

Seleksi Pencak Silat Jabar Tingkatkan Pembinaan untuk Prestasi dan Khidmat NU
Atlet Pencak Silat Pagar Nusa tengah bertanding di Gedung Serbaguna PCNU Kabupaten Cirebon, Selasa (17/12). (PC Pagar Nusa Kabupaten Cirebon)
Atlet Pencak Silat Pagar Nusa tengah bertanding di Gedung Serbaguna PCNU Kabupaten Cirebon, Selasa (17/12). (PC Pagar Nusa Kabupaten Cirebon)
Jakarta, NU Online
Pimpinan Cabang Pencak silat Pagar Nusa Kabupaten Cirebon menggelar Pagelaran Seleksi Atlet Pencak Silat Pagar Nusa Se-Jawa Barat pada tanggal 16-17 Desember 2019 di Gedung Serbaguna Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, Jalan Dewi Sartika, Sumber, Cirebon.

Ketua PC Pagar Nusa Kabupaten Cirebon Amiruddin Faisal menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa memang pembinaan para atlet harus ditingkatkan agar tidak saja meraih prestasi di tingkat lokal saja, melainkan nasional bahkan internasional.

"Pembinaan prestasi atlet Pencak Silat Pagar Nusa harus ditingkatkan dan diperketat agar kader-kader Pagar Nusa mampu bersaing dalam dunia kompetisi kejuaraan pencak Silat tidak hanya dalam tingkat nasional namun internasional," katanya.

Di samping itu, pencak silat juga sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melalui badan khususnya, yakni Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) pada pertengahan Desember lalu di Kolombia.

Peningkatan pembinaan tidak saja diperuntukkan bagi pemenuhan prestasi, tetapi juga dalam rangka meningkatkan khidmat kepada jamiyah Nahdlatul Ulama. "Juga sebagai wujud khidmat terhadap Nahdlatul Ulama," ujar Amir.

Oleh karena itu, kegiatan ini, menurutnya, penting dilaksanakan agar dapat diperoleh atlet terbaik yang akan mewakili Jawa Barat di tingkat nasional.

Kegiatan ini diikuti oleh tak kurang dari 500 peserta dari berbagai kelas, seperti kelas pra remaja, kelas remaja, dan kelas umum, serta dari beragam kategori seperti kategori putra tunggal, ganda dan seni, dan kategori putri tunggal, ganda dan seni.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mewakili Jawa Barat, untuk menghadapi Kejuaraan Nasional Pencak Silat yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Pagar Nusa di Padepokan Nasional Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada 3-7 Januari 2020 mendatang.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Fathoni Ahmad


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×