Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Subandi, Ketua LP Ma’arif NU Lampung Dikukuhkan Jadi Profesor

Subandi, Ketua LP Ma’arif NU Lampung Dikukuhkan Jadi Profesor
Ucapan selamat atas dikukuhkannya Ketua Ma’arif NU Lampung H Subandi sebagai guru besar Ilmu Manajemen Pendidikan UIN Raden Intan Lampung. (Foto: istimewa)
Ucapan selamat atas dikukuhkannya Ketua Ma’arif NU Lampung H Subandi sebagai guru besar Ilmu Manajemen Pendidikan UIN Raden Intan Lampung. (Foto: istimewa)

Bandarlampung, NU Online

Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Provinsi Lampung H Subandi dikukuhkan menjadi guru besar bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Raihan jabatan akademik tertinggi ini resmi disahkan melalui SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 47876/MPK.A/KP.07.01/2022 tertanggal 19 Juli 2022.


Prof Subandi dikukuhkan dalam Sidang Senat Terbuka UIN Raden Intan Lampung di Ballroom UIN Raden Intan Lampung pada Kamis (29/9/2022). Ia dikukuhkan langsung oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaluddin Z disaksikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani.


Pada kesempatan tersebut, Ali Ramdhani berpesan bahwa guru-guru besar memiliki kewajiban untuk meningkatkan harkat dan martabat insan-insan yang tengah menempuh pendidikan pada institusi tersebut, sekaligus juga memberikan pencerahan kepada masyarakat.


"Memuliakan manusia, memartabatkan manusia, tentu harus seiring dengan pemahaman kita terhadap eksistensi dari manusia," ungkapnya dikutip dari laman Kemenag, Kamis (29/9/2022)


"Ini merupakan catatan yang layak menjadi pegangan bagi kita bersama bahwa pada hari ini kita tengah membangun sebuah peradaban dengan aksentuasi memanusiakan manusia,” lanjutnya.


Ia juga berpesan setelah menjadi guru besar harus berhati-hati dalam berbicara sebab setiap kata-kata dari seorang guru besar adalah ilmu dan perilakunya adalah teladan. "Jaga keteladanan sikap karena sebuah ilmu yang tidak terekspresikan melalui keteladanan itu hanya kehampaan, ibarat pohon yang tak berbuah," tutup pria yang juga Ketua Pengurus Pusat LP Ma’arif PBNU ini.


Dengan dikukuhkannya Prof Subandi ini, guru besar UIN Raden Intan Lampung bertambah menjadi 29 orang. Catatan ini menjadikan UIN Raden Intan Lampung menjadi UIN yang memiliki guru besar terbanyak di luar pulau Jawa.


Kesuksesan Prof Subandi ini juga sekaligus mengikuti jejak para pengurus NU Lampung yang juga belum lama dikukuhkan menjadi guru besar. Di antaranya adalah Prof Alamsyah yang merupakan Plt. Ketua Tanfidziyah PWNU Lampung dan Prof Ruslan Abdul Ghofur, Wakil Katib Syuriyah PWNU Lampung.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×