Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tangkal Virus Radikalisme di Internet, Ansor Gamping Yogyakarta Giatkan Divisi Media

Tangkal Virus Radikalisme di Internet, Ansor Gamping Yogyakarta Giatkan Divisi Media
Konferensi Anak Cabang GP Ansor Gamping, Sleman, Yogyakarta, Jumat (6/9).
Konferensi Anak Cabang GP Ansor Gamping, Sleman, Yogyakarta, Jumat (6/9).
Sleman, NU Online
Meski berada di tingkat kecamatan, Gerakan Pemuda Ansor Gamping Kabupaten Sleman, Yogyakarta, bertekad membuat kiprah dan peranan yang berdampak besar. Untuk mewujudkan hal itu, Ansor Gamping memanfaatkan media dalam penyebaran informasi untuk menghalau paham radikal.

"Salah satu kesepakatan GP Ansor Gamping ialah perlunya membentuk divisi media yang konsen pada sosialisasi program ke media dan meng-counter paham paham radikal dan intoleran yang terus berkembang akibat dari penggunaan internet dan media sosial yang disalahgunakan," kata Mochammad Sinung Restendy usai terpilih sebagai Ketua Ansor Gamping dalam konferensi anak cabang Ansor Gamping, Jumat (6/9).

Menurutnya, marak terjadi penyebaran di internet terkait dengan kiprah Ansor dalam pengabdian masyarakat ataupun cermin nasionalisme yang kemudian dikomentari buruk. Bahkan, seolah-olah negara Indonesia adalah musuh.
 
Virus yang berbahaya bagi bangsa dimulai dari intoleransi, ketidakpercayaan, kelompok sumbu pendek, dan ujaran kebencian. Akibatanya akan muncul radikalisme yang bisa membawa kerusakan bukan hanya keutuhan keluarga atau masyaraka, tapi juga Indonesia.
 
"Jadi mengantisipasi itu, Ansor Gamping membentuk divisi media agar lebih bisa fokus mengarahkan warganet yang belum faham literasi media yang baik dan melawan paham paham yang bisa memecah keutuhan NKRI," kata Sinung.

Selain itu, dalam kepengurusan Ansor Gamping yang baru dinahkodainya, banyak sekali catatan di antaranya pekerjaan rumah yang besar untuk bisa terus mengembangkan dan menghidupkan Ansor Banser di Gamping. Serta, menyatukan visi dan bergerak untuk kuatnya sebuah organisasi. 
 
"Pekerjaan rumah yang banyak itu seperti penyiapan kaderisasi Ansor melalui Diklat Terpadu Dasar, rutinitas mujahadah dan program inovasi Ansor. Dalam waktu dekat ini kepengurusan baru Ansor Gamping mematangkan administratif struktur kepengurusan bersama tim formatur yang ditunjuk," imbuhnya.

Maksimal 30 hari setelah Ketua Ansor Gamping terpilih, lanjut dia, administratif kepengurusan harus diupayakan beres dan direkomendasikan oleh PC Ansor Sleman untuk dikeluarkan Surat Keputusan oleh Ketua PW Ansor DIY.

Red: Kendi Setiawan

 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×