Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tiga Malam, Peringatan Hari Pahlawan PCNU Mimika

Tiga Malam, Peringatan Hari Pahlawan PCNU Mimika
Mimika, NU Online
Peringatan Hari Pahlawan PCNU Mimika  diisi dengan acara istighosah dan silaturahim ke beberapa titik warga NU Mimika. Acara berlangsung selama tiga malam pada 4, 8, dan 11 Novembember 2017.

Di Kampung Mwuare, Km14, pada Sabtu (4/11), diadakan pembukaan Istighosah An-Nadliyyah, doa untuk pahlawan serta donasi sekitar 45 buku yang kebanyakan buku Pendidikan Agams Islam untuk SD dan SMP. Juga dionasikan buku tajwid 10 buku dan Sirah Nabawiyah Husein Haekal.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih untuk semua bantuan, hanya Allah yang membalasnya," demikian ungkapan tulus Takmir Masjid Nurul Zhikmah, KM14, Ust Hasan.

Sementara itu Wakil Ketua PCNU Kabupaten Mimika, Sugiarso mengajak jamaah untuk meneladani para pejuang kemerdekaan.

"Banyak anak kita tidak paham peran para kiai dalam perang 10 November, maka kita kaji malam ini untuk diceritakan ke anak cucu kita," terangnya

Pada malam kedua, Sabtu (8/11), peringatan Hari Pahlawan diisi dengan silaturahim dan donasi buku ke Pondok Pesantren Hidayatus Sibyan, Timika. Pembacaan Yasin, Tahlil dan Maulid Dibak dipimpin Ustad Hasbullah. Sementara jumlah buku yang disumbangkan sekitar 60 buku dan Al-Quran.

Dalam sambutannya, pengasuh Pesantren Hidayatus Sibyan, Ust Fauzy mengucapkan banyak terima kasih untuk PCNU Mimika atas.sumbangan buku tersebut.

"Buku nanti akan atur penggunaannya oleh ustad," kata Ustad Fauzi

Di lokasi tersebut, Wakil Ketua PCNU Mimika, Sugiarso mengajak para santri untuk mengenal sosok Rasulullah lewat buku yang didonasikan berupa Sirah Nabawiyah.

"Siapa putra Rasulullah? Siapa nama itu Fatimah?" tanya Sugiarso kepada para siswa SD. Pertanyaan itu untuk memancing para siswa agar mempelajaris sejarah Nabi Muhammad SAW.

Pada malam ketiga, Sabtu (11/11), acara berlangsung di Masjid Baitul Muhajirin SP9. Acara berupa pembukaan Rutinan Istighosah An-Nadliyyah serta pembacaan doa untuk pahlawan bangsa.

"Mohon maaf jika dari masjid belum bisa memberikan konsumsi dan jamaah yang layak," ujar Ketua Takmir Iskandar dengan rendah hati.

Dalam pengantarnya Ustad Hasyim Asy'ari mengajak jamaah ikut sholat dan dzikiran berjamaah.

"Dzikir membuat kita tenteram dan menjadikan dekat kepada Allah," terangnya.

Sementara itu Wakil Ketua PCNU Mimika Sugiarso kembali mengajak jamaah mendendangkan lagu perjuangan yang ngetop pada saat itu, Yalal Wathan.

"Tanpa mereka (ulama dan pejuang) kemerdekaan tak bisa bisa diraih," tegas Sugiarso. (Red: Kendi Setiawan)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×