Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tim dari Penjuru Indonesia Bisa Ikuti Lomba Hadrah Online Hari Santri di Pringsewu

Tim dari Penjuru Indonesia Bisa Ikuti Lomba Hadrah Online Hari Santri di Pringsewu
Lomba Hadrah Online Pringsewu dalam rangka memperingati Hari Santri 2020. (Foto: NU Online/ Antara)
Lomba Hadrah Online Pringsewu dalam rangka memperingati Hari Santri 2020. (Foto: NU Online/ Antara)

Pringsewu, NU Online
Mungkin masyarakat sudah biasa menjumpai lomba hadrah yang dilakukan di berbagai tempat khususnya oleh warga NU. Lomba hadrah biasanya diikuti oleh lebih dari sepuluh orang setiap timnya dan disaksikan oleh banyak penonton yang sebagian merupakan supporter tim hadrah.


Namun lomba hadrah yang biasanya dilakukan secara offline ini, oleh panitia Hari Santri 2020 tingkat Kabupaten Pringsewu, Lampung dilakukan secara online.


“Selain menghindari berkerumunnya massa yang banyak, Lomba Hadrah Online juga memiliki waktu yang fleksibel. Peserta bisa menentukan waktu pembuatan video yang akan dikirimkan ke panitia,” kata koordinator lomba, Zulian Tri Muhardi di Pringsewu, Senin (21/9).


Lomba Hadrah Online ini, lanjut Sekretaris Ikatan Seni Hadrah Republik Indonesia (Ishari) Kabupaten Pringsewu ini juga tidak dibatasi oleh jarak peserta. Seluruh peserta dari berbagai penjuru Indonesia bisa mengikuti lomba yang akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah ini.

 

Brosur Lomba Hadrah Hari Santri 2020 di Pringsewu


“Memeriahkan Hari Santri bukan hanya bisa melalui dunia nyata. Dunia maya saat ini juga bisa menjadi solusi untuk menyongsong Hari Santri dengan berbagai macam kegiatan, di antaranya Lomba Hadrah secara online ini,” jelasnya.


Lebih lanjut Zulian menjelaskan bahwa peserta menampilkan satu buah lagu shalawat bebas dan satu buah lagu kreasi Ucapan Selamat Hari Santri Nasional dengan waktu maksimal 15 menit. Peserta mengirimkan video penampilan lengkap dari awal sampai akhir, dan setiap  grup maksimal terdiri dari 15 orang  dengan menggunakan alat hadrah asli, bukan elektronik.


“Pemenang lomba terdiri dari juara 1, 2, dan 3 serta ada juara favorit dan video terbaik,” terang Zulian.


Pengiriman video lomba tersebut dimulai dari 20 September 2020 dan berakhir pada 10 Oktober 2020. “Video harus khusus dibuat untuk lomba ini. Bukan rekaman video pada kegiatan lain,” tambahnya.


Para pemenang ditentukan dari nilai yang diberikan oleh juri yang diambil dari kualitas vokal (suara, teknik, harmonisasi ), musik (harmonisasi, teknik, aransemen), penampilan (adab, busana, koreografi), dan kualitas video (gambar dan suara).


Untuk lebih jelas tentang lomba yang bisa jadi menurut Zulian sebagai lomba hadrah online pertama kali yang pernah diadakan ini, peserta bisa menghubungi nomor kontak 082176912332 (Zulian Tri Muhardi) atau 085331776950 (Amelia Wardatul ‘Ula).


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aryudi AR



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×