Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Beda Abu Nawas dan Raja saat Diguyur Hujan

Beda Abu Nawas dan Raja saat Diguyur Hujan
Ilustrasi humor Abu Nawas. (Foto: NU Online)
Ilustrasi humor Abu Nawas. (Foto: NU Online)

Suatu hari, Abu Nawas dan rombongan kerajaan berburu ke hutan. Di tengah perjalanan berburu, hujan deras pun turun. Baginda dan pengawalnya langsung basah kuyup karena kuda yang ditunggangi tidak bisa berlari dengan kencang.


Abu Nawas dengan kudanya tiba di tempat peristirahatan lebih dahulu dari Baginda dan pengawalnya. Abu Nawas menunggu Baginda Raja. Selang beberapa saat Baginda dan para pengawalnya tiba dengan pakaian yang basah kuyup.


Baginda Raja heran melihat Abu Nawas dengan pakaian yang tetap kering. "Bajumu kok tetap kering, wahai Abu Nawas?" tanya Baginda.


"Sedangkan aku dengan kuda yang cepat tidak sanggup mencapai tempat berteduh terdekat, apalagi kamu dengan kuda yang lamban ini," imbuh Baginda Raja.


"Hamba melepas pakaian dan segera melipatnya lalu mendudukinya, Baginda. Ini hamba lakukan sampai hujan berhenti," kata Abu Nawas. (Ahmad F)



Terkait

Humor Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya