Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Humor: Memelihara yang Lama dan Mengambil yang Baru

Humor: Memelihara yang Lama dan Mengambil yang Baru
Ilustrasi humor. (Foto: NU Online)
Ilustrasi humor. (Foto: NU Online)

Suatu ketika, Kiai Jakfar memberikan khutbah di masjid di sebuah kampung yang penduduknya sebagian besar penduduk abangan dan Islam KTP.


Di tengah-tengah khutbah, Kiai Jakfar berkata:


“Jadi, dalam beragama dan menjalankan agama itu kita harus ikhlas, apapun itu.”


“Agama mengajarkan, al-muahafadzah alal qadhimissholih wal akhdzu bil jadidil ashlah yang artinya memelihara yang lama yang lebih baik, dan mengambil yang baru yang lebih baik.”


Saat khutbah selesai, para jamaah pun bergegas kembali ke rumah masing-masing. Namun di tengah keriuhan jamaah keluar masjid, banyak yang kebingungan mencari-cari sandalnya.


“Sepertinya banyak jamaah yang langsung mengamalkan khutbah kiai nih,” ujar seorang jamaah bernama Husen mendatangi Kiai Jakfar. (Fathoni)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Humor Lainnya

Terpopuler Humor

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×