Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Dubes Mesir Kagumi Konsep Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Dubes Mesir Kagumi Konsep Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia
Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Sulthan. (Foto: NU Online/Syakir NF)
Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Sulthan. (Foto: NU Online/Syakir NF)

Jakarta, NU Online

Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Sulthan mengaku kagum dengan konsep Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, pada Selasa (11/1/2022).

 

"Yang saya suka di sini (Indonesia) adalah konsep Pancasila," ujarnya di Lantai 3 gedung PBNU, Jakarta.

 

Lebih lanjut, Pancasila sebagai ideologi dan falsafah hidup bangsa dinilai berhasil membuat persatuan dan kesatuan bahkan keragaman adat budaya di Indonesia tetap utuh. Selain itu, ia menyebut bahwa Pancasila juga merupakan sebuah konsep yang sarat akan nilai-nilai keberislaman.

 

"Pancasila adalah sebuah konsep yang benar-benar menerjemahkan ide dan nilai Islam yang memiliki tujuan bagaimana bersikap toleransi untuk dapat hidup beriringan dengan orang lain. Inilah hal terpenting,” tutur Ashraf.

 

Hal tersebut selaras dengan upayanya saat ini yang menitikkan fokus dalam porsi besar terhadap beberapa isu penting di level internasional, salah satunya terkait dengan praktik bertoleransi dan memerangi terorisme.

 

Ashraf berharap, kunjungannya tersebut dapat melahirkan pertemuan lain di kemudian hari guna pembahasan kerja sama ke depan yang lebih matang.

 

“Kami memiliki target yang sama. Kami memiliki tujuan yang sama. Kami terbuka lebar bagi Indonesia. Sungguh pertemuan yang sangat bermanfaat. Kami bisa berkolaborasi dalam agenda bilateral dan pertukaran ide internasional sangat penting karena kita memiliki nilai yang sama,” tutur Ashraf.

 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengatakan menjalin kerja sama erat dengan Mesir merupakan suatu hal yang perlu terus diupayakan.

 

Pasalnya, Kiai yang akrab disapa Gus Yahya tersebut menyebut dunia global tengah mengalami permasalah peradaban besar dan menuntut Islam untuk dapat menyediakan solusi bagi masalah yang bermunculan. Ia menilai bahwa Mesir adalah sekutu terdekat bagi NU.

  

"Di seluruh dunia ini terutama di dunia Islam, Mesir adalah sekutu alami terdekat bagi NU. Maka, sangat wajar dan alami Mesir dan Indonesia, Al-Azhar dan Nahdlatul Ulama terus menerus mempererat kerja sama satu sama lain,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah tersebut.

 

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi



Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya