Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Indonesia Resmi Jadi Ketua ASEAN Tahun 2023

Indonesia Resmi Jadi Ketua ASEAN Tahun 2023
Presiden Jokowi menerima palu dari PM Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN, Ahad (13/11/2022). (Foto: BPMI Setpres).
Presiden Jokowi menerima palu dari PM Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN, Ahad (13/11/2022). (Foto: BPMI Setpres).

Jakarta, NU Online
Indonesia resmi menjadi ketua perkumpulan negara-negara Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada tahun 2023. Posisi ini ditandai dengan penyerahan palu dari PM Kamboja Hun Sen ke Presiden RI Joko Widodo pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Ahad (13/11/2022).


“Sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun 2023. Keketuaan Indonesia akan menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” kata Jokowi.


Menurut Jokowi, ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil dan damai, dan menjadi jangkar stabilitas dunia. ASEAN juga harus konsisten menegakkan hukum internasional dan tidak menjadi proksi siapapun.


“ASEAN harus menjadi kawasan yang bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi,” katanya.


Presiden juga menginginkan ASEAN harus menjadi kawasan ekonomi yang tumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan. Peningkatan kapasitas institusi ASEAN juga menjadi perhatian Presiden Jokowi, agar mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan. Presiden berharap pada 2045 ASEAN harus lebih adaptif, responsif, dan berdaya saing.


“Semua itu harus diperjuangkan dengan cara ASEAN yaitu konsisten dengan semangat kerja sama serta menjalankan Piagam ASEAN seutuhnya,” katanya dikutip dari laman Setkab.


“Saya tunggu kehadiran Yang Mulia di Indonesia tahun depan,” kata Jokowi mengundang seluruh pemimpin ASEAN untuk hadir pada KTT ASEAN di Indonesia tahun depan.


ASEAN sendiri dibentuk pada 8 Agustus 1967 untuk mewujudkan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera. Selama ini ASEAN hanya beranggotakan 10 negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.


Namun pada KTT Asean di Kamboja, para pemimpin Asia Tenggara menyetujui penambahan satu anggota baru. Timor Leste mendapatkan lampu hijau bergabung dengan blok regional ASEAN.


Dilansir dari laman asean.org, para pemimpin negara ASEAN mengeluarkan pernyataan terkait dengan status Timor Leste dalam ASEAN. "Kami para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ... pada prinsipnya sepakat untuk mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," tulis pernyataan yang diunggah, Jumat (11/11/2022).


Editor: Muhammad Faizin





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×