Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Wapres Harap Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2022 di Surakarta

Wapres Harap Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2022 di Surakarta
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin telah resmi membuka gelaran Asean Para Games 2022 di Stadion Manahan, Surakarta. (Foto: Setwapres RI)
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin telah resmi membuka gelaran Asean Para Games 2022 di Stadion Manahan, Surakarta. (Foto: Setwapres RI)

Jakarta, NU Online
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin telah resmi membuka gelaran Asean Para Games 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/7/2022) malam. Ajang olahraga se-Asia Tenggara untuk kaum difabel ini akan berlangsung hingga 6 Agustus 2022 mendatang.


Terdapat 14 jenis cabang olahraga yang dipertandingkan. Di antaranya atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, catur, angkat berat, bocia, judo, goalboal, tenis kursi roda, panahan, CP football, bola volley duduk, dan basket kursi roda.


Indonesia akan menurunkan sekitar 200 atlet untuk mengikuti semua cabang olahraga tersebut. Wapres lantas berharap agar kontingen Indonesia dapat meraih juara umum di ajang Asean Para Games 2022 ini.


“Kita harapkan Indonesia bisa jadi juara umum. Ke depan, memang kita sudah punya Desain Besar Olahraga Nasional, yaitu dalam rangka meningkatkan prestasi dan melakukan pembinaan yang lebih tertata dengan baik, dengan desain target-target,” ujar Wapres dalam keterangan yang diterima NU Online, Ahad (31/7/2022).


Wapres mengungkapkan bahwa selama pandemi Covid-19 sangat jarang terdapat ajang olahraga internasional yang diselenggarakan. Karena itu, ia memberi apresiasi atas terselenggaranya Asean Para Games XI tahun ini.


“Alhamdulillah Menpora (Zainudin Amali), Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo), Pak Wali Kota Surakarta (Gibran Rakabuming Raka) bisa menyelenggarakan (Asean Para Games 2022). Ini prestasi luar biasa untuk mendorong semangat atlet para games ini yang memang sudah lama tidak ada event-event internasional yang diharapkan oleh mereka,” tuturnya.


Kiai Ma'ruf memastikan akan ada penghargaan yang diberikan pemerintah kepada para atlet Indonesia berprestasi yang berhasil berlaga di Asean Para Games 2022. Penghargaan tersebut memang telah direncanakan pemerintah.


Sementara itu, Wali Kota Solo yang juga Ketua Indonesia Asean Para Games 2022 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan kelancaran pembukaan dan kelak akan ditutup pada 6 Agustus 2022. Ia berharap, target Wapres agar Indonesia bisa meraih juara umum dapat terwujud.


“Alhamdulillah acara pada hari ini lancar. Setelah ini, akan diselenggarakan acara sampai tanggal 5 (Agustus), dan tanggal 6 (Agustus) akan ada closing ceremony. Harapannya target untuk meraih juara umum bisa tercapai,” terang Gibran.


Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali juga menyebutkan, pemerintah pusat telah bekerja sama secara optimal dalam mempersiapkan perhelatan ASEAN Para Games XI 2022 ini.


Pihaknya juga telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Ketua Tim Koordinasi Tingkat Pusat DBON adalah Wapres KH Ma'ruf Amin.

“Semua sudah kita siapkan termasuk untuk atlet Para Games kita. Jadi mudah-mudahan (olahraga) Indonesia berjalan, tentu di bawah koordinasi Pak Wapres,” ungkap Zainudin.


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×