Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Indonesian Week Festival 2022, Ajang Promosi Produk Unggulan Indonesia di Arab Saudi

Indonesian Week Festival 2022, Ajang Promosi Produk Unggulan Indonesia di Arab Saudi
Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono tengah berjalan di Indonesian Week Festival (IWF) 2022.
Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono tengah berjalan di Indonesian Week Festival (IWF) 2022.

Jeddah, NU Online

Dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah menyelenggarakan kegiatan in-store promotion yang dikemas melalui Indonesian Week Festival (IWF) 2022. Bekerja sama dengan para importir produk Indonesia yang ada di Arab Saudi.

 

Kegiatan promosi ini secara resmi dibuka pada Hari Kamis (28/07/2022) sore oleh Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono. Hadir konsul jenderal dan perwakilan negara Asia seperti Jepang, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei, Pakistan, dan Thailand. Selain itu, hadir pula Vice Presiden Sarawat Superstore Kenneth Antony.

 

Eko Hartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa hubungan Indonesia dan Arab Saudi membuka lebar terhadap peluang ekspor-impor produk makanan, akibat dari ketergantungan Arab Saudi yang cukup tinggi terhadap produk makanan dari luar negeri.

 

Tercatat sebanyak 140 produk yang dipamerkan dan 8 importir yang ikut serta dalam IWF 2022. Berbagai produk yang dipasarkan antara lain adalah produk makanan dan minuman seperti biskuit, kopi instan, mie, minuman sereal, dan snack lainnya. Selama promosi ini, terdapat diskon dari 5 persen sampai dengan 70 persen.

 

"Mudah-mudahan, tujuan pameran ini, produk kita semakin dikenal, semakin banyak dibeli masyarakat," tutur Eko Hartono.

 

Eko menyampaikan, target jangka panjangnya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan jamaah haji, tetapi untuk memenuhi kebutuhan pasar Arab Saudi. "Dengan semakin banyaknya produk kita di Arab Saudi, kita bisa menggunakan produk kita ini untuk jamaah, khususnya jamaah haji. Tantangan kita adalah, produk kita harus sudah ada di Arab Saudi kalau kita ingin menggunakan untuk haji," paparnya.

 

Beberapa hal yang menjadi tantangan di antaranya meliputi pemenuhan persyaratan keamanan dan kesehatan pangan oleh Saudi Food and Drug Authority, belum adanya perjanjian perdagangan bebas sehingga ada pajak yang harus dibayar, dan adanya ongkos angkut yang akan ditanggung oleh konsumen berupa kenaikan harga.  

 

Kepala ITPC Rivai Abbas menyampaikan pihaknya siap memfasilitasi para pengusaha untuk berbisnis dengan Indonesia. ”Kami memfasilitasi entrepreneurs untuk berdagang dengan Indonesia. siap membantu meningkatkan hubungan antara dua negara,” katanya.

 

Abdul Halim, perwakilan dari Algamah East for Food Stuff menyampaikan, minat untuk membeli produk Indonesia sangat tinggi. Pada pameran tahun 2021 ketika masih terjadi pembatasan akibat pandemi, penjualan meningkat sampai 400 persen.

 

“Indonesian week sangat penting sebagai entry point. dan menjadi tolok ukur apakah produk ini jalan di supermarket atau tidak. Nanti kita akan evaluasi setelah event selesai. sejauh mana produk ini jalan. Jika jalan, kita akan kontinyu dengan Serawat atau modern trade yang lain,” katanya.

 

Pameran ini akan berlangsung selama tiga pekan antara antara 28-18 Agustus 2022. Terdapat beberapa rak khusus dengan posisi strategis yang digunakan untuk memajang produk-produk dari Indonesia. Beberapa produk yang sudah akrab di Indonesia dipajang seperti Indomie, Oreo, Kopiko, Sasa, saus dan kecap Indofood, Energen, sambal ABC, hingga Tolak Angin Sidomuncul.

 

Terlihat para pengunjung, baik WNI atau warga Saudi yang kebetulan sedang berbelanja memilih-milik produk yang dipajang dan kemudian memenuhi trolinya dengan produk tersebut. Sebagian juga terlihat bertanya-tanya kepada penjaga yang menunggu booth produk. 

 

Pewarta: Achmad Mukafi Niam

Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×