Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Makan Malam Bersama Pemimpin G20, Presiden Jokowi Ungkap Mitologi Garuda Wisnu Kencana

Makan Malam Bersama Pemimpin G20, Presiden Jokowi Ungkap Mitologi Garuda Wisnu Kencana
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan pembuka pada Makan Malam KTT G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Ungasan, Badung, Bali, Selasa (15/11/2022). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan pembuka pada Makan Malam KTT G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Ungasan, Badung, Bali, Selasa (15/11/2022). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, NU Online
Seluruh pemimpin negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mengikuti makan malam bersama di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Uluwatu, Ungasan, Badung, Bali pada Selasa (15/11/2022).


Para pemimpin negara anggota G20 datang satu persatu. Mereka disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Keduanya tampak mengenakan pakaian adat Bali, sedangkan para tamu pemimpin negara hadir dengan mengenakan batik yang berbeda-beda warnanya.


Dalam sambutan pembuka, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasih kepada para pemimpin negara yang hadir pada acara makan malam tersebut.


Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa patung Garuda Wisnu Kencana yang menjadi latar tempat makan malam tersebut dalam mitologi Bali memberikan gambaran tentang cinta, tanggung jawab, keberanian, dan kesetiaan.


“Hal itulah yang menjadi tugas kita untuk dunia dan kemanusiaan,” tegas Kepala Negara dalam siaran langsung bertema Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 Indonesia di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022) malam.


Menutup sambutan singkatnya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat menikmati hidangan yang telah disiapkan. Ia berharap makanan yang tersaji tidak terlalu pedas bagi para pemimpin negara yang hadir.


“Saya harap ini tidak terlalu pedas untuk Yang Mulia sekalian,” kata presiden kelahiran Surakarta, Jawa Tengah 61 tahun yang lalu itu sembari mengurai senyumnya.


Jamuan makan malam ini juga dihadiri oleh para mantan pemimpin Indonesia, mulai Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, hingga Tri Sutrisno. Para Menteri Kabinet Indonesia Maju juga turut hadir pada acara malam tersebut.


Dalam agenda makan malam ini juga disajikan penampilan kebudayaan dari berbagai penjuru Nusantara, mulai tari-tarian, lagu daerah, lagu pop, hingga lagu rap yang dinyanyikan oleh penyanyi nasional.


Para pemimpin negara itu tampak menggoyang-goyangkan kepalanya mengikuti irama musik. Presiden Jokowi juga tampak asyik menggerakkan kepalanya dan bertepuk tangan atas penampilan para seniman yang memukau itu.


Penampilan itu tampak semakin semarak dengan permainan lampu di panggung. Pun video yang diputar di tebing-tebing yang mengitari taman itu.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×